MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN (POE) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA

  • Elsa Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

Abstract

Pemahaman konsep untuk pembelajaran IPA sangatlah penting karena pembelajaran IPA tidak akan lepas dari proses berfikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model
pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan pendekatan kualitatif.
Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan terkait buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional sesuai fokus penelitian.
Teknik analisis data berupa teknik analisis isi. Keabsahan data diuji dengan meningkatkan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Poe dapat
meningkatan pemahaman konsep IPA dengan cara menyelidikinya sehingga dengan itu konsep yang sudah ada tidak akan mudah hilang dari ingatannya maka pemahaman terhadap konsep akan lebih bermakna. Seperti pada langkah pembelajaran POE siswa akan diminta memberikan dugaan (predict) dan membuktikan dugaannya dengan percobaan (observation) lalu
menjelaskan (explain).

References

Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran,
Pengajaran, Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Belajar.
Ashri, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu pada Tema Energi dan Lingkungan.
Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) (pp.
469-472). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Gusti, Dian Arima. (2020). An Analysis of Development ofStudent’s Worksheets with the
Theme Integrated Science Energy in Life by Using Integrated Type of Integrated
Learning in 21st Century. International Conference on Research and Learning of Physics
(pp. 1-7). Padang: Journal of Physics: Conference Series 1481 012045
109 | JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.12 NO.2 DESEMBER 2022
Indrawati & Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.
J.C. Liang, Using POE to Promote Young Children’s Understanding of the Properties of Air,
in Asia- Pasifik Journal of Rereach in Early Childhood Education, Vol. 5, No. 1, 2011,
hal. 45-68.
Kurnia Novita Sari, “Keefektifan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain)
terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda pada Siswa
Kelas V SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal”, (Skripsi UNNES Semarang, 2014), hal.
77.
Lorin W. Anderson dan David R. Krathwohl, Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hal. 105.
Munandar, H. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai
Islam pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 27-37.
Paul Suparno, Metodologi Pembelajaran Fisika Kontruktivistik & Menyenangkan
(Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2007), hal. 102.
S. Teerasong, et.al. Development of a Predict-Observe-Explain Strategi for Teaching Flow
Injektion an Undegraduate Chemistry, in the Internasioal Journal of Learning, Vol. 17,
No. 3, 2007, hal. 137.
Utami, C., & Anitra, R. (2019). MATA KULIAH MATEMATIKA SD Students Mathematical
Understanding Ability Based on Initial Ability in Mathemics for Elementary Sochool
Subject. 11(02), 103–110.
Widhy, P. (2013). Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam
Pembelajaran IPA SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Published
2022-12-30
How to Cite
WAHYUNI, Elsa; DARMANSYAH, Darmansyah; DESYANDRI, Desyandri. MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN (POE) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 102-109, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2759>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2759.
Section
Articles