MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA POKOK BAHASAN GAYA DI KELAS V SDN 1 TRIBUNGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Abdul Aziz Maliki prodi PGSD FKIP UNARS
  • Syarif Ibnu Rusdy prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut adanya perubahan dan perkembangan di segala bidang terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam memperbaiki mutu sumber daya manusia, kemajuan suatu bangsa hanya bisa dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat meningkatkan harkat martabat manusia Indonesia.IPA sebagai salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar yang memiliki aspek terapan maupun aspek penalaran mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai batas tertentu IPA perlu dikuasai oleh segenap warga, baik penerapan maupun pola pikirnya. Pendidikan IPA merupakan bagian dari pendidikan yang mengembangkan tujuannya dari tujuan pendidikan secara umum. Problem Based Learning  (PBL) merupakan metode pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru. metode ini berfokus pada keaktifan peserta didik dalam  kegiatan pembelajaran. Peserta didik tidak lagi diberikan materi belajar secara satu arah seperti pada metode pembelajaran konvensional. Dengan metode ini, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan mereka secara madiri.Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, jika siklus pertama sudah mencapai hasil yang diinginkan maka siklus dilanjutkan kesiklus kedua dengan materi selanjutnya. Tetapi jika belum, maka dilanjutkan siklus kedua dengan materi selanjutnya. Hasil Penelitian pada observasi aktiviatas belajar siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 66,67%, dan pertemuan II mencapai 68,18%. Pertemuan III mencapai rata-rata 81,82% dan Pertemuan IV mencapai rata-rata 87,88%. Maka untuk aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik. Sedangkan untuk Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 73% dan pada siklus II ini sudah mencapai standar ketuntasan klasikal 91% sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan pada siklus II ini berhasil karena telah mencapai ketuntasan klasikal syang diterapkan pihak sekolah yakni mencapai 85%. Adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I 73% dan siklus II yang mencapai 91% maka dapat dikatakan bahwa Penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL)  dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas V SDN 1 Tribungan Pada Materi Pokok Gaya Tahun Pelajaran 2013/2014

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bermawy Munthe, MA.2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta. Insan Madani

Dimyanti, Mudjiono. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dep Diknas. 2003. pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian. Jakarta : Departemen pendiidakan nasional

Hobri, Dr, M.Pd. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru dan Praktisi. Jember. Pena Salsabila.

Hobri, Dr, M.Pd. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember. Center for society studies(CCS

Ibrahim, muslimin, dan Muhammad nur. 2006. pembelajaran berbasis masalah. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

Marpadi, D. 2002 POLA INDUK SISTEM pengujian hasil KBM berbasis kemampuan dasar, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasioanal

Nurhayati, abbas. 2000. Pengembangan Prangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction), Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Proyek development for undergraduate education (DUE) – Like universitas Indonesia. 2002.panduan pelaksanaan collaboratife learning & problem based learning. Depok : Universitas Indonesia
Published
2014-06-20
How to Cite
MALIKI, Abdul Aziz; RUSDY, Syarif Ibnu. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) PADA POKOK BAHASAN GAYA DI KELAS V SDN 1 TRIBUNGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-13, june 2014. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/275>. Date accessed: 24 oct. 2024.
Section
Articles