MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PLALANGAN SEMESTER I

  • Indah Lestari Setyorini universitas abdurachman saleh situbondo
  • Vidya Pratiwi universitas abdurachman saleh situbondo
  • Rahmat Hidayat universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Ketepatan penggunaan suatu metode akan menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan  pembelajaran.  Metode  pembelajaran  jenisnya  beragam  yang  masing  â€“ masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan metode yang sesuai dengan topik yang diajarkan harus betul â€“ betul difikirkan guru yang akan menyampaikan materi pelajaran dengan KKM 65 secara individual. Berdasarkan uraian latar belakang masalah, penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimanakah penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? dan 2) Apakah metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?. Jenis penelitian tindakan ini termasuk penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian adalah di SD Negeri 3 Plalangan. Penelitian ini terdiri atas empat fase yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Bahwa dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkan hasil belajar siswa. Ada peningkatan hasil belajar mencapai 20% dari 60% siklus I menjadi 80% siklus II melalui metode penemuan terbimbing (guided discovery).

References

Abdurrahman, 2003. Strategi Belajar Mengajar . Derap. Semarang.
Amin Suyitno, 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2010. Standar Penilaian Pendidikan Jakarta
Erman Suherman, 2001. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA
Universitas Pendidikan Indonesia
Hudojo, 2010. Kapita Selekata Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Mulyasa, 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Ruseffendi, 2000. Pendidikan Matamatika. Jakarta: Depdikbud
Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: CakrawalaPendidikan.
Soedjadi, 2010. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Published
2023-01-14
How to Cite
SETYORINI, Indah Lestari; PRATIWI, Vidya; HIDAYAT, Rahmat. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PLALANGAN SEMESTER I. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 393-404, jan. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2612>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.2612.
Section
Articles