MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 3 PLALANGAN SEMESTER I
Abstract
Ketepatan penggunaan suatu metode akan menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran jenisnya beragam yang masing – masing memiliki kelebihan dan kelemahan, maka pemilihan metode yang sesuai dengan topik yang diajarkan harus betul – betul difikirkan guru yang akan menyampaikan materi pelajaran dengan KKM 65 secara individual. Berdasarkan uraian latar belakang masalah, penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimanakah penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa ? dan 2) Apakah metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?. Jenis penelitian tindakan ini termasuk penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian adalah di SD Negeri 3 Plalangan. Penelitian ini terdiri atas empat fase yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Bahwa dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dapat meningkan hasil belajar siswa. Ada peningkatan hasil belajar mencapai 20% dari 60% siklus I menjadi 80% siklus II melalui metode penemuan terbimbing (guided discovery).
References
Amin Suyitno, 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, 2010. Standar Penilaian Pendidikan Jakarta
Erman Suherman, 2001. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA
Universitas Pendidikan Indonesia
Hudojo, 2010. Kapita Selekata Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Mulyasa, 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung PT. Remaja Rosdakarya
Ruseffendi, 2000. Pendidikan Matamatika. Jakarta: Depdikbud
Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: CakrawalaPendidikan.
Soedjadi, 2010. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional











