MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI DENGAN MODEL BELAJAR JIGSAW DAN PBL PADA MATERI TEKS LHO SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SARIREJO

  • Rahma Wulan Puspareni SMK NEGERI 1 SARIREJO

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan  untuk meningkatkan keterampilan presentasi dengan model belajar jigsaw dan problem based learning (PBL) pada materi teks laporan hasil observasi (LHO) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sarirejo tahun pelajaran 2022/2023 . Model Belajar Jigsaw berpusat pada kegiatan diskusi kelompok dengan membagi dua kelompok kerja.  satu kelompok sebagai pembimbing kelompok lain,  satu kelompok lagi sebagai kelompok terbimbing.  Mereka membaur jadi satu , dengan kelompok pembimbing memberikan arahan dan bimbingan kepada kelompok terbimbing. Materi teks LHO berupa gambar atau video , kemudian kelompok berusaha menemukan permasalahan yang terdapat pada gambar atau video tersebut. Setelah menemukan permasalahannnya mereka kemudian mengubahnya kedalam bentuk laporan hasil observasi dengan presentasi di depan kelas secara berkelompok. Pembelajaran ini dilakukan dengan dua  sikklus. Keunggulan dari model belajar jigsaw adalah bahwa siswa dapat aktif dalam belajar secara  berkelompok,  berdiskusi dan memecahkan permasalahan. Di dalam pembelajaran siswalah yang dominan berperan dalam memecahakan masalah. Tugas guru juga lebih ringan karena beberapa siswa menggantikan tugas guru sebagai pembimbing dan pengarah. Guru hanya  sebagai motivator dan fasilitator. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mampu mempresentasikan  .  Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah siswa mampu secara berkelompok berdiskusi dan presentasi  dengan arahan dan bimbingan dari teman sendiri.

References

Silberman, Melvin L. 2010. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kuntjojo. 2010. Model-Model Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sudrajat, Ahmad. 2010. Cooperative Learning Teknik Jigsaw. Online: akhmadsudrajat.wordpress.com.
Angga Putra , M.Pd. 2021. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar .Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.
buku ajar strategi pembelajaran. 2022. Dr.Akrim, S.Pd.I., M.Pd. , Muhammad Arifin.
Ruangguru. 2017. Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat Tingkatkan Keaktifan Siswa [online]. Link: https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning (Accessed: 4 June 2022)
Rabhiatul Adawiyah Siregar, M.Pd. 2021. Keterampilan berbicara . Koto Baru: YAYASAN CENDEKIA PENDIDIKAN MUSLIM,
Published
2021-06-29
How to Cite
PUSPARENI, Rahma Wulan. MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI DENGAN MODEL BELAJAR JIGSAW DAN PBL PADA MATERI TEKS LHO SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SARIREJO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 381-392, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2611>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.2611.
Section
Articles