MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRESENTASI DENGAN MODEL BELAJAR JIGSAW DAN PBL PADA MATERI TEKS LHO SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SARIREJO
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan presentasi dengan model belajar jigsaw dan problem based learning (PBL) pada materi teks laporan hasil observasi (LHO) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sarirejo tahun pelajaran 2022/2023 . Model Belajar Jigsaw berpusat pada kegiatan diskusi kelompok dengan membagi dua kelompok kerja. satu kelompok sebagai pembimbing kelompok lain, satu kelompok lagi sebagai kelompok terbimbing. Mereka membaur jadi satu , dengan kelompok pembimbing memberikan arahan dan bimbingan kepada kelompok terbimbing. Materi teks LHO berupa gambar atau video , kemudian kelompok berusaha menemukan permasalahan yang terdapat pada gambar atau video tersebut. Setelah menemukan permasalahannnya mereka kemudian mengubahnya kedalam bentuk laporan hasil observasi dengan presentasi di depan kelas secara berkelompok. Pembelajaran ini dilakukan dengan dua sikklus. Keunggulan dari model belajar jigsaw adalah bahwa siswa dapat aktif dalam belajar secara berkelompok, berdiskusi dan memecahkan permasalahan. Di dalam pembelajaran siswalah yang dominan berperan dalam memecahakan masalah. Tugas guru juga lebih ringan karena beberapa siswa menggantikan tugas guru sebagai pembimbing dan pengarah. Guru hanya sebagai motivator dan fasilitator. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mampu mempresentasikan . Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah siswa mampu secara berkelompok berdiskusi dan presentasi dengan arahan dan bimbingan dari teman sendiri.
References
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kuntjojo. 2010. Model-Model Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sudrajat, Ahmad. 2010. Cooperative Learning Teknik Jigsaw. Online: akhmadsudrajat.wordpress.com.
Angga Putra , M.Pd. 2021. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar .Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.
buku ajar strategi pembelajaran. 2022. Dr.Akrim, S.Pd.I., M.Pd. , Muhammad Arifin.
Ruangguru. 2017. Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat Tingkatkan Keaktifan Siswa [online]. Link: https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning (Accessed: 4 June 2022)
Rabhiatul Adawiyah Siregar, M.Pd. 2021. Keterampilan berbicara . Koto Baru: YAYASAN CENDEKIA PENDIDIKAN MUSLIM,