ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA KALIMAT PETUNJUK KERJA OPERASIONAL BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS V TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.Data dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat dalam buku siswa pada bagian petunjuk kerja.Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku ajar berupa buku siswa kelas 5 yang diterbitkan oleh kemendikbud. Adapun teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dokumentasi, kajian isi, dan pengkodean. Adapun sistem pengkodean yang digunakan dalam penelitian ini di dasarkan pada kategori-kategori yang ditentukan sebelumnya lalu memecah kategori menjadi subkategori yang lebih kecil. Kategori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kategori kepribadian dan sosial.Berdasarkan hasil analisis terhadap Buku Tematik siswa kelas 5 tentang nilai karakter yang terkandung dalam kalimat petunjuk kerja operasional diperoleh 2 klasifikasi nilai karakter yaitu nilai karakter kepribadian dan nilai karakter sosial.Adapun nilai karakter kepribadian yang teridentifikasi sebanyak 122 antara lain : nilai karakter religius, cinta tanah air, kerja keras, kreatif, mandiri, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan percaya diri. Sedangkan jenis karakter sosial yang teridentifikasi 72 karakter antara lain: nilai karakter bersahabat/ komunikatif, cinta damai, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, peduli sosial, peduli lingkungan, dan toleran.
References
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Asmani, J. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Badudu dan Zain. 2012. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Barnawi dan Arifin. 2016. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media
Chabibah, Suharjo, Muchtar. 2016. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas VI Semester 2 Sekolah Dasar
Fraenkel dan Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research and
Education. New York: Mc Grow- HillCompanies
Hankam. 2011. TNI dan Polri: Analisis Tentang Penataan Kelembagaan Politik
dalam Pembaruan Bidang Keamanan di Indonesia. Jakarta: Dephankam RI
Kaelan. 2013. Pendidikan Pancasila untuk Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila,
Rasa Kebangsaan, dan Cinta Tanah Air Sesuai dengan SK Dirjen Dikti
No 43/ Dikti/ Kep/ 2006. Yogyakarta: Paradigma Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . 2016. Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan nomor 21 tentang standar isi pada pendidikan dasar dan menengah. Dokumen. Jakarta: Kemendikbud