PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENSTIMULASI PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN
Abstract
Kemampuan fisik motorik halus merupakan salah satu kemampuan yang diharapkan dapatberkembang pada proses pembelajaran di PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 4 - 5 tahun setelah distimulasidengan kegiatan finger painting. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakanmetode sampel jenuh (nonprobability sampling). Penelitian ini menggunakan observasi untuk
mengamati dan mengukur proses pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran dan menguji keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengandesain pra – eksperimen (pre – exsperimental) dan model design one – group pre – test post –test. Penelitian ini dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian inidilakukan terhadap 10 anak dengan memberikan pre-test dan post-test, dengan hasilmenunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara skor pre-test dan post-test dimana skor Pretest
< Posttest. Hasil uji N-gain menunjukkan skor sebesar 0,42 dengan kriteria sedang. Hasil inimenunjukan bahwa kegiatan finger painting dapat menstimulasi peningkatan kemampuan fisik motorik halus anak.
References
Depdiknas (2003). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di Taman
Kanak - kanak. Jakarta : Ditjen Manajemen Pendidikan Nasional
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan
Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA : Dept of Physics Indiana University
Istiana, L., & Simatupang, N. D. (2014). Pengaruh permainan finger painting terhadap
kreativitas anak usia dini kelompok B di PAUD Melati. Jurnal, Universitas Negeri
Semarang, 6.
Kemdiknas. (2010). Tentang Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak - kanak.
Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Listyowati, Anies & Sugiyanto.(2016).Finger Painting. Jakarta : Erlangga for kids
Maghfuroh, Lilis & Kiki Chayaning Putri. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap
Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika 1 Sumerguk
Kecamatan Babat Lamongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol. 10. Nomber: 1. 36-43
Mahsyud, Sulthon.(2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jember : LPMPK
Mutiah, Diana. (2010). Psikolog Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media
Nurjanah, N.C, Suryaningsih, B.D.A Putra. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap
perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK At-Taqwa. Jurnal Keperawatan BSI, Vol.V, No.2: 65-73
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tentang Standar Nasional
Pendidikan Anak Usia Dini. (2014)
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. K. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak.
Prenada Media
Rudiyanto, Ahmad. (2016). Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia
Dini.Lampung : Darussalam Press Lampung
Sandi, N. V., & Setyorini, R. (2018). Analisis Kegiatan Bimbingan Belajar Pada Anak Usia
Dini Dalam Kreativitas Pembelajaran Finger Painting (Melukis Terhadap Peningkatan
Motorik Halus). Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 128-
143.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelompok. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Edisi 2. Jakarta : EGC
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung
: CV Alfabeta
Sugiyono.( 2017). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabeta
Sujiono, B. (2009). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta : Universitas terbuka
Sulistyawati, A. (2014). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada: Media Group
Yanti, E., & Fridalni, N. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak usia
prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 225-236.
Zharfani, A. (2020). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada
Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di Tk Siwi Peni 2 Madiun (Doctoral dissertation,
Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun).