PENGARUH MODEL PBL BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dodik Eko Yulianto universitas abdurachman saleh situbondo
  • Muhtadi Irfan universitas abdurachman saleh situbondo
  • Riski Dian Permata Sari universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pada proses mengajar dan belajar IPA selama ini masih mengorientasikan pada penguasaan materi dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum inovatif seperti model konvensional dan metode ceramah yang membuat proses pembelajaran hanya fokus kepada guru Hal itu mempengaruhi hasil belajar siswa saat mengerjakan tugas mendapat hasil yang tidak optimal. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode Quasi eksperimen tipe nonequivalent posttest only control group. Quasi eksperimen disebut juga dengan eksperimen semu yang bertujuan untuk memprediksi keadaan yang dapat dicapai melalui eksperimen yang sebenarnya, tetapi tidak ada pengontrolan atau manipulasi terhadap seluruh variabel
yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis etnosains terhadap hasil belajar siswa kelas 4 gugu 05 kecamatan jatibanteng pada mata pelajaran IPA. Hasil analisis terhadap data penelitian menjawab hipotesis penelitian. Hal ini dibuktikan apa uji Independent Sample Test pada uji hipotesis uji t diperoleh nilai Equal
variances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,017 < 0,05.

References

Amalia, Fiqih. dkk. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis
Etnosains Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar 1(3) : 363-369.
http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/dwijaloka/article/viev/694
Anas, Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Arikunto, S . 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rinekadipta.
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gani, Irawan, dan Siti Amalia. 2015. ALAT ANALISIS DATA. Yogyakarta : CV.
Andi Offset.
Khoiri, A., & Widha, S. 2018. Pendekatan Etnosains Dalam Tinjauan Filsafat.
Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 4(2): 145-153
https://spektra.unsiq.ac.id/index.php/spek/article/view/55/pdf
Masrinah, N.M. 2019. Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis. 924-932.
https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/129/126
Mølstad, C. E., & Karseth, B. 2016. National curricula in Norway and Finland: The
role of learning outcomes. European Educational Research Journal,15(3), 329-
344. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1474904116639311
Published
2023-01-14
How to Cite
YULIANTO, Dodik Eko; IRFAN, Muhtadi; PERMATA SARI, Riski Dian. PENGARUH MODEL PBL BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 272-280, jan. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2607>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2607.
Section
Articles