PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Yusraningsih H. Pongoliu Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yestiawati Tohopi Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Bone Kabupaten Bone Bolango dengan menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih dalam kategori rendah. Hal ini ditunjukkan dari masih rendahnya aktivitas belajar siswa pada saat observasi awal,
dengan taraf persentase 20% dari 25 siswa. Oleh karena itu peneliti melakukan tindakan menggunakan metode pembelajaran inquiry materi keberagaman sosial budaya. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada hasil belajar siswa, terjadi peningkatan sebesar
36% pada siklus I pertemuan pertama, 44% siklus I pertemuan kedua dan 60% pada siklus I pertemuan ketiga. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama peningkatan hasil belajar mencapai 68% dan pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan
hingga 88%, sehingga sudah mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan yaitu 80% dengan KKM 75

References

Acep Yoni, dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyaka Familia
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Anam khoirul (2015). Pembelajaran berbasis inkuiri: metode dan aplikasi Yogyakarta: Pustaka Belajar
Arikunto, suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Akasara
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi
PendidikanKewarganegaraan SD/MI, SMP/MTS, SMA/MS/SMK. Jakarta
Binham, (2012). Metode Pembelajaran Inquiry. Jakarta: kencana prenada Media group
Cholisin. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: FIS UNY.
Depdiknas .2003.Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional
Dr. M. Sobry Sutikno , (2009). Belajar dan langkah Pembelajaran inkuiri Prospect.
Bandung, 2009
Fathurohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar,
Inovasi dan Teori Pembelajaran.Yogyakarta: Garudawacha
Hamruni, 2012.Strategi pembelajaran. Yogyakarta : insan madani
Murwantara. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Strategi
Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Merdikorejo Tempel
Sleman Tahun Ajaran 2012/2013.UNY.
Pandingan. 2019. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta. Budi Utama
Sugiyono , 2012. Statistik untuk penelitian.Bandung :Alfabeta
Septa, Kurnia. 2011. Hakekat Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Prospect
Samsuri. 2011. Pendidikan karakter warga Negara. Yogyakarta : Diandra pustaka Indonesia
Siregar, Hamida (2013) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap
Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Hasanudin Kecamatan
Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal. Universitas Kristen Satya Wacana, salatiga
Published
2023-01-14
How to Cite
PONGOLIU, Yusraningsih H.; TOHOPI, Yestiawati. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 259-271, jan. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2606>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2606.
Section
Articles