ANALISIS STRUKTURAL EQUATION MODEL DALAM KAJIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Arie Purwanto Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Melania Eva Wulanningtyas Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Pendidikan merupakan perihal yang sangat penting guna menjamin perkembangan dan regrenersai ilmu pengetahuan. Dalam praktiknya sangat banyak ditemui permasalahan dalam implementasi sistem belajar dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan karakteristik subyek dalam pendidikan yang dimaksud yakni manusia. Keunikan manusia membuatnya memiliki ciri khas tersendiri untuk setiap individunya. Namun demikian hal tersebut bukan merupakan hal yang harus dihindari. Sebagai seorang pendidik merupakan perihal yang wajib untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Salah satu permasalahan yang titemui yakni terkait hasil belajar siswa. Hasil belajar dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan sistem pendidikan yang dijalankan. namun demikian hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya faktor internal, psikologis, dan faktor eksternal. Hal ini menjadi perihal yang utama yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dampak dari faktor yang memperngaruhi hasil belajar. Analisis yang digunakan adalam analisis Persamaan Model Struktural dengan metode estimasi yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hal ini dilakukan karena struktur model yang digunakan sangatlah kompleks sehingga membutuhkan analisis yang dapat secara baik mengevaluasi permasalahan yang ditemuai. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan yang pada lingkungan sekolah, masa depan dan cita-cita, serta lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan sekolah mempengaruhi hasil belajar secara sangat signifikan dengan pengaruh sebesar 0,482. Selain itu Masa depan dan cita-cita memberikan pengaruh secar sangat signifikan sebesar 0,213, dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh secara sangat signifikan yakni sebesar 0,244.

References

Alfa, A. A. G., Rachmawati, D., & Agustina, F. (2014). Analisis Pengaruh
Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling
Partial Least Square. International Conference on Infrared,
Millimeter, and Terahertz Waves, IRMMW-THz, 59–71.
https://doi.org/10.1109/IRMMW- THz.2014.6956015
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 13 (2),
214-225. Retrieved from
https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/3572
Gunawan, I., & Palupi , A. R. (2012). TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH
KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN,
PENGAJARAN, DAN PENILAIAN. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan
Dasar dan Pembelajaran, 98-117. doi:http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Gunawan, Kustantiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Hasil Belajar Siswa. urnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 2(1), 14-22.
Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Hair, J. F. (2010). Multivariate Data Analysis. New York: Prentice Hall International.
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran
Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Oktaviani, U., & et.al. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar
Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal
Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6. Retrieved from
jom.untidar.ac.id/index.php/mathlocus
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu:
untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
246 | JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.12 NO.2 DESEMBER
2022
Nurafdaliah, Karim, S. A., & Mappeasse, M. Y. (2019). Keterlibatan Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Siswa Smkn 3 Sinjai Kabupaten Sinjai. Jurnal Pendidikan
Teknik Informatika Dan Komputer, Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer
Universitas Negeri Makassar.
Sara, M., Hajidi, & Elly, R. (2018). PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH
BESAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 134-141.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: ALFABETA
Published
2023-01-13
How to Cite
PURWANTO, Arie; WULANNINGTYAS, Melania Eva. ANALISIS STRUKTURAL EQUATION MODEL DALAM KAJIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 236-246, jan. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2603>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2603.
Section
Articles