PENERAPAN MEDIA PANGGUNG BONEKA TANGAN MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI KB AISYIYAH JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Media Panggung Boneka Tangan Melalui Metode Bercerita Dapat Mengembangkan Bahasa Anak Usia 2-4 tahun di Kelompok Bermain Aisyiyah Wonoasri Tempurejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Clasroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini yaitu anak usia 2-4 tahun pada Kelompok Bermain Aisyiyah Wonoasri Tempurejo Jember yang jumlah siswanya 16, yaitu 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak usia 2-4 tahun dapat di tingkatkan melalui Penerapan Media Panggung Boneka Tangan Melalui Metode Bercerita. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan bahasa awal anak mengalami peningkatan, yaitu yang terbukti darI hasil pencapaian di Siklus II persentase Keberhasilan 86,71%. Jumlah siswa 16 anak yang tercapai BSB ada 13 anak, sehingga adanya Penerapan Panggung Boneka Tangan Melalui Metode Bercerita dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 2-4 tahun di Lembaga Kelompok Bermain Aisyiyah Wonoasri Tempurejo Jember.
References
Pemahaman Konsep Penjumlahan dan PenguranganBilangan Pecahan,
Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
B. Hurlock Elizabeh, Edisi Kelima, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang kehidupan, Jakarta, Erlangga.
https://dosenpintar.com/teknik-pengumpulan-data/
Fikriyah,F Nur,2018, http://repositori.unsil.ac.id/721/7/10.%20BAB%20III.pdf
Fitriani Yayuk, 2016, Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita
Dengan Media Audio Visual di TK ABA Tanggul Welahan Kecamatan Besuki
Kabupaten Tulungagung, Jember, Jurusan PG PAUD IKIP PGRI Jember.
Isnaini,Tri.2015, Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Moral
Keagamaan di TK Islam Terpadu Permata Hati Ngaliyan Semarang.
Semarang jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo.
Kumalasari Annisa’Nur,2018, Peneraapan Media Panggung Boneka Dapat
Meningkatkaan Keaktifan Pembelajaran Menyimak Cerita Kelas I SD,Jurusan
PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Madyawati, Lilis.2016, Stategi Pengembangan Bahasa Anak.
Jakarta:Prenadamedia.
Ningsih Hasibuan,2015, Jurnal Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan
Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Bicara anak Kelompok B di TK
Tuna Islam Sidoarjo.
Nurlidia,Raden Fasha, 2015, Implementasi Program Storytelling Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas TK B, Universitas
Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Populix, https://info.populix.co/articles/subjek-penelitian-adalah/
Purwaningrum,Ratih,2016, Penerapan Bercerita Menggunakan Media Wayang
Dari Anyaman Bambu dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa
Indonesia Siswa kelompok A tahun Ajaran 2016/2017, Fakultas Pendidikan
Program Studi S-1 PAUD IKIP PGRI Jember.
Rahma Annisa Amalia, 2019, Pengembangan Bahasa Anak Melalui Metode
Bercerita Dengan Media Panggung Boneka Pada Anak Kelompok A di PAUD
Al Farabi Cabean Mangunsari Salatiga, Salatiga, Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Pendidikan IAIN Salatiga.
Riadi Muchlisin,2019,Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kajian Pustaka.com.
Rohmaniah,2016,Junal Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan
Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di PAUD
Cahaya Hati Paok Dandak Tahun Pelajaran 2016/2017, sumber
http://eprints.unram.ac.id/6601/1/Jurnal.pdf
Siswati,Devi,2013, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan
Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Tematik Pada Tema
Peristiwa Di Kelas 2 SDPN Sabang Kota Bandung, Universitas Pendidikan
Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Suhartini,2018. Meningkatkan perkembangan Kemampuan Berbahasa dengan
Metode Bercerita Dengan Panggung Boneka Anak Usia Dini Kelompok A TK
Bina Bunga Bangsa Rungkut Surabaya.PG PAUD FIP UNESA Surabaya.
Susanti Melisa Eka,2018. Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif
Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di TK Assalam 2 Pulau
Singkep Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan
Lampung