PENERAPAN MINGLE GAME BERBASIS HYBRID LEARNING PADA SISWA SMP DI KABUPATEN PULAU MOROTAI

  • Megawati Basri Universitas Pasifik Morota
  • Risky Sarapung Universitas Pasifik Morota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya peningkatan terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan permainan mingle berbasis hybrid serta membandingkan keefektifan antara screencast o-matic dan google meet pada siswa SMP N Unggulan 1 dan MTS Negeri 1, Pulau Morotai. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan pre-experimental. Instrumen yang digunakan ialah pre-test dan post-test serta angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 127 siswa. Hasil menunjukkan bahwa permainan mingle game yang diajarkan dengan berbasis hybrid (screencast o-matic dan google meet) pada Speaking mengalami peningkatan, dan setelah diuji angket banyak siswa percaya bahwa screencast o-matic merupakan aplikasi yang paling efektif dibandingkan google meet.

References

Dakhi, Jama, Irfan, Ambiyar dan Ishak. 2020. Blended Learning A 21St Century
Learnig Model at Colege. Volume 1 Nomor 7. Sumatera Barat: Universitas NegeriPadang
Galus, S.A., Arifin, & Sulkifly. 2021. Kesiapan sekolah dalam pengelolaan model
pembelajaran hybrid learning di SMA kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, 1(1), 41-56
Hasan, Buaddin. 2020. Pemanfaatan Google Classroom dalam Mata Kuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic, XV(1), https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/3484
Houston, Hall. 2012. Mastering the Mingle,. Volume 33 Nomor 29. IH Journal.
Hotmaria. 2010. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada
Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step View. V (5), 2. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558
11. Hamsia, Waode. 2017. Strategi Metakognitif Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.
ELSE Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. V(1), 4. http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1182
Juniarti dan Rasna. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan
Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid 19. Volume 9 Nomor 1. Singaraja: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Mufidah dan Fitriani. 2021. Mingle Game for Teaching Speaking. Volume 1 Nomor 1. Ponorogo: Journal of English as a Modern and International Language
Praherdhiono, H. (2017). Komunitas Blended Learning. Academia. Retrieved from https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARNING
Suryanto, H., & Sumbawati, M. S. (2015). Pengembangan Multimedia E-Learning Berbasis Screencast-O-Metic pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jurnal Teknologi Pembelajaran
Devosi, 5(3), 11–21. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/devosi/article/view/544
Published
2023-01-13
How to Cite
BASRI, Megawati; SARAPUNG, Risky. PENERAPAN MINGLE GAME BERBASIS HYBRID LEARNING PADA SISWA SMP DI KABUPATEN PULAU MOROTAI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 197-206, jan. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2569>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2569.
Section
Articles