PENERAPAN MINGLE GAME BERBASIS HYBRID LEARNING PADA SISWA SMP DI KABUPATEN PULAU MOROTAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya peningkatan terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan permainan mingle berbasis hybrid serta membandingkan keefektifan antara screencast o-matic dan google meet pada siswa SMP N Unggulan 1 dan MTS Negeri 1, Pulau Morotai. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan pre-experimental. Instrumen yang digunakan ialah pre-test dan post-test serta angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 127 siswa. Hasil menunjukkan bahwa permainan mingle game yang diajarkan dengan berbasis hybrid (screencast o-matic dan google meet) pada Speaking mengalami peningkatan, dan setelah diuji angket banyak siswa percaya bahwa screencast o-matic merupakan aplikasi yang paling efektif dibandingkan google meet.
References
Learnig Model at Colege. Volume 1 Nomor 7. Sumatera Barat: Universitas NegeriPadang
Galus, S.A., Arifin, & Sulkifly. 2021. Kesiapan sekolah dalam pengelolaan model
pembelajaran hybrid learning di SMA kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, 1(1), 41-56
Hasan, Buaddin. 2020. Pemanfaatan Google Classroom dalam Mata Kuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic, XV(1), https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/3484
Houston, Hall. 2012. Mastering the Mingle,. Volume 33 Nomor 29. IH Journal.
Hotmaria. 2010. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada
Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step View. V (5), 2. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558
11. Hamsia, Waode. 2017. Strategi Metakognitif Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.
ELSE Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. V(1), 4. http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2b.1182
Juniarti dan Rasna. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan
Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid 19. Volume 9 Nomor 1. Singaraja: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Mufidah dan Fitriani. 2021. Mingle Game for Teaching Speaking. Volume 1 Nomor 1. Ponorogo: Journal of English as a Modern and International Language
Praherdhiono, H. (2017). Komunitas Blended Learning. Academia. Retrieved from https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARNING
Suryanto, H., & Sumbawati, M. S. (2015). Pengembangan Multimedia E-Learning Berbasis Screencast-O-Metic pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Jurnal Teknologi Pembelajaran
Devosi, 5(3), 11–21. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/devosi/article/view/544