PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN ERA INDUSTRI 4.0 DI SEKOLAH DASAR

  • Wiwit Sanjaya Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi selalu mengalami perkembangan yang dinamis
seiring dengan berkembangnya revolusi industri. Revolusi industri jilid 4.0 telah
membawa perubahan yang signifikan terhadap sistem pembelajaran di sekolah-
sekolah khususnya jenjang sekolah dasar. Akibatnya guru dituntut untuk memiliki
keterampilan atau kompetensi dalam memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0 khususnya
pada pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Penulisan artikel ini menggunakan
pendekatan kepustakaan (literatur review). Hasil penelitian didapatkan bahwa
pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran di kelas sangat diperlukan untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik serta mempersiapkan peserta
didik yang siap menghadapi tantangan zaman. Ditemukan bahwa kompetensi guru
dalam penguasaan ICT masih tergolong rendah, oleh karena itu diperlukan upaya
konkret untuk mengatasai permasalahan tersebut yaitu dengan memberikan
pelatihan-pelatihan terkait dengan penggunaan TIK dalam pembelajaran. Dengan
demikian, permasalahan rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan dan
pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dapat teratasi dengan baik

References

Aka, Kukuh Andri. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28-37.
Anshor, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 9924, 88-100.
Arfansyah. (2022). Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Mutu Pembelajaran di Sekolahb Dasar. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 11-18.
Bali, Mumammad Mushfi El Iq. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna:
Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29-40.
Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Celicia, O. M. (2016). Business Education Programme In Nigeria, 3(1), 17-35.
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.
Dewi, S. Z. dan Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48-53.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 143-149.
Maylitha, Evi, et al. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology
Bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 6(1), 8051-8062.
Ndraha, N. A., & Tangkin, W. P. (2021). Guru Sebagai Inovator dalam Penanaman
Nilai Moral Siswa Berdasarkan Pandangan Kristiani di Era Digital. Exelsis Deo:
Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 5(1), 71-86.
Norjanah, et al. (2022). Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Pendidikan
Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 6(3), 5130-5137.
Purba, M. A. dan Yando, A. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam
Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar
Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), 96-101.
Putry, H. M. E, et al. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media
Pembelajaran di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 1-24.
Rahadian, Dian. (2017). TIK dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk
Pengajaran yang Berkualitas. JTEP: Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 234-254.
Ramadhan, A. H., et al. (2022). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 437443.
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165-176.
Tae, M. dan Ngongo, A. A. (2022). Pentingnya Teknologi Pendidikan di Era
Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1(1), 47-52.
Widianto, Edi, et al. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. JETE: Jurnal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.
Wirda, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Memanfaatkan IT dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran Melalui In House Training (IHT) di SD
Negeri 02 Kubang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 26-37.
Published
2022-12-29
How to Cite
SANJAYA, Wiwit; DARMANSYAH, Darmansyah; DESYANDRI, Desyandri. PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN ERA INDUSTRI 4.0 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 187-196, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2560>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2560.
Section
Articles