PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari model PBL terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa sekolah dasar di kelas empat. Teknik yang digunakan adalah teknik eksperimen dengan control group pretest-posttest design. Siswa kelas IV SD Negeri Gugus VI Kecamatan Kuranji Kota Padang dijadikan sebagai subjek penelitian. Sampel yang digunakan adalah 20 siswa di masing-masing kelas eksperimen dan kontrol, dengan menggunakan metode random sampling. Keterampilan membaca pemahaman siswa dinilai
menggunakan tes dan kuesioner selama proses pengumpulan data. Dalam menganalisis data digunakan independent sample t-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memiliki dampak yang cukup besar terhadap kemampuan
pemahaman bacaan siswa. Nilai t hitung > t tabel, sig 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup besar antara kemampuan membaca pemahaman menggunakan model Problem Based Learning dengan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model tradisional berdasarkan nilai t hitung sebesar 6,403 dan nilai sig dari 0,00. Berdasarkan perbandingan rata-rata diketahui bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning rata-rata kemampuan membaca pemahaman adalah 87,30 lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran tradisional yaitu 80,05. Hasilnya, model Problem Based Learning dapat membantu kemampuan pemahaman bacaan siswa.
References
of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344
Amir, MT (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Grup Media Kencana
Prenada.
Ardhian, T., Ummah, I., Anafiah, S., & Rachmadtullah, R. (2020). Reading and critical thinking techniques on understanding reading skills for early grade students in elementary school. International Journal of Instruction, 13(2), 107–118. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1328a
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253.
EL-Shaer, A., & Gaber, H. (2014). Impact of Problem-Based Learning on Students`Critical Thinking Dispositions, Knowledge Acquisition and Retention. Journal of Education and
Practice, 5(14), 74–85
Hahnel, C., Goldhammer, F., Naumann, J., & Kröhne, U. (2016). Influencets of linear Reading, basic computer skills, evaluating online information, and navigation on
reading digital text. Computers in Human Behavior, 55, 486–500. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.09.042.
Helmon, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadapkemampuan
Berpikir Kritis Siswa SD. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 38-52.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Lindeblad, E., Svensson, I., & Gustafson, S. (2016). Self-concepts and psychological well-being assessed by beck youth inventory among pupils with reading. difficulties.
Reading Psychology, 37(3), 449–469. https://doi.org/10.1080/02702711.2015.1060092.
Martin-Beltrán, M., Montoya-Ávila, A., García, A. A., Peercy, M. M., & Silverman, R. (2019). ‘Time for una pregunta’: Understanding Spanish use and interlocutor response
among young English learners in cross-age peer interactions while reading and
discussing text. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 22(1),17–34. https://doi.org/10.1080/13670050.2018.1515176.