IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFIRENSIASI BERBASIS TIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD

  • Rati Syafiana Putri Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

Abstract

Peran teknologi informasi sebagai media pembelajaran, selain membantu siswa dalam pembelajaran juga memiliki pengaruh bagi guru, terutama dalam penggunaan fasilitas manfaat dari pengayaan kemampuan mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk membahas media pembelajaran berbasis TIK pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Media pembelajaran dapat menjadi salahsatu cara Mewejudkan keberhasilan proses pembelajaran dengan pengintegrasian media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi komputer.Media berbsis TIK yang dapat diakses di kapanpun, dimanapun dan dengan cara apapun menjadi dasar efektifitas proses belajar siswa. Karena setelah semuanya, ada kalanya siswa memiliki waktu produktif dan ada kalanya mereka bosan melakukan kegiatan pembelajaran.

References

AECT. (1994). International of Technology the Definition and Domains. In Washington DC.
Alfiriani, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2, 1–12.
Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162.
Astut, D. (2013). PEMBELAJARAN TEKS ULASAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1).
Atmawarni. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang Inovatif Di Sekolah. Perspektif, 1(1), 20–27.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 12(4), 181–188.
Fendi, K. (2019). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Noviembre 2018,IX(1), 1. https://www.gob.mx/semar/que-hacemos
Juhriyansyah. (2020). Pengantar Teknologi Farmasi. In PT Raja Grafindo Perdasa.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.
Kurmia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2), 291–296. https://doi.org/10.29313/mediator.v6i2.1197
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43.
https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
175 | JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.12 NO.2 DESEMBER 2022
in the Field of Education talos hart Computer Assisted Instruction (CAI): A
New Approach in the Field of Education. International Journal of Scientific
Engineering and Research (IJSER), 3, 2347–3878. www.ijser.in
Novita, A., & Harlina. (2019). Peranan Dan Permasalahan Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Program
Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 313–334.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran
Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50.
https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Sumber Daya
Dalam Teknologi Pendidikan, 1–22.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan
Tarbiyah, 3(1), 171.
Putri, T. D. (2019). Pengaruh Teknologi terhadap Pendidikan di Era sekarang. Academia, 7(2), 1–16.
Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. JTEP-Jurnal
Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.
Risyad, I. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMPN 18 Kota Depok. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Sawitri, E., & Astiti, M. S. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran. Proseding Seminar Nasional, 4(2), 202–213.
Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120.
Septikasari, R. (2020). KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR. Journal of the American College of Cardiology, 75(20). https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Published
2022-12-29
How to Cite
PUTRI, Rati Syafiana; DARMANSYAH, Darmansyah; DESYANDRI, Desyandri. IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFIRENSIASI BERBASIS TIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 167-176, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2558>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2558.
Section
Articles