UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH STATISTIK DASAR
Abstract
Untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa diperlukan model pembelajaran yang sesuai untuk mendukung hal tersebut. Salah satu model pembelajaran yang mendukung yaitu Project Based Learning. Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pengembangan produk atau produktivitas, dimana siswa dapat mengevaluasi atau meneliti, memecahkan masalah, dan mensintesis informasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Pada siklus pertama
diketahui rata-rata persentase capaian kegiatan setiap indikator pada observasi aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I adalah 58,06 %. Pada siklus kedua diketahui Rata-rata persentase capaian kegiatan setiap indikator pada observasi aktivitas belajar mahasiswa pada siklus II adalah 80,56%.
References
Arikunto, Suharsimi et al. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harahap, N. R., Ompusunggu, E., Marpaung, N., & Pulungan, S. E. (2020). Penerapan
Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi.Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(2), 58–63.
Isnaini, I. (2012). Peningkatan Aktrivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IlmuPengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa
Kelas IV SND 19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3), 1–14.
Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan
ContohContoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan
Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK
Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik
Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Maksum, I. (2016). Pengertian dan teknik serta contoh penilaian proyek.
Nomifrod.Com. https://www.nomifrod.com/2016/12/pengertian-dan-teknik-serta-
contoh-penilaian-proyek.html.
Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan
Aktivitas Belajar Peserta Didik. jurnal pendidikan islam, 6(2), 92–97.
Novianty, F. (2017). Analisis Aktivitas Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe
Course Review Horay Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 11–20.
Nuraini, Fitriani, & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. ar-
razi jurnal ilmiah, 6(1), 30–39.
Prabowo, D., Saputra, H. J., & Atharina, F. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Sawah Besar
01. Elementary School Special, 16–25.
Rita Sulistya Dewi, E., Citraning R, R., & Mustofiyah, L. (2020). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar
Kognitif Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 71–77.
Siskawati, G. H., Mustaji, & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Online.150.107.142.43, 5(2), 31–42.
S. Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.