ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS RENDAH SDN 3 PAOWAN KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Amalia Risqi Puspitaningtyas universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Tujuan pendidikan sendiri untuk semakin berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang lebih berguna. Namun apabila peserta didik mengalami kesulitan
belajar maka proses belajarnyapun akan terganggu terutama kesulitan membaca.
Prestasi belajar peserta didik juga mengalami hambatan karena peserta didik yang tidak
bisa membaca tidak dapat belajar dengan baik, sehingga dibutuhkan upaya atau
bimbingan yang harus diberikan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan
membaca, terutama mengetahui faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami
kesulitan membaca dan bimbingan yang diberikan sejak dini atau sejak peserta didik
masih berada dikelasrendah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas rendah terutama kelas
1, 2 dan 3 di SDN 3 Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Pendekatan
penelitian yang digunakan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif . Sedangkan jenis
penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan hasil observasi didapatkan
bahwa kesulitan membaca yang ada di SDN 3 Paowan terutama pada kelas rendah (1, 2
dan 3), masih banyak ditemukan siswa yang mengalami kesulitan membaca, hal ini
didukung oleh jenis perilaku yang dapat mengindikasikan siswa tersebut mengalami
kesulitanmembaca dan ditemukan pada siswa yang megalami kesulitan belajar membaca.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta :
Rineka Cipta.
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif.Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah, S. B. 2011. PsikologiBelajar edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Rahim, F. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: BumiAksara.
Kusmayadi, Pamungkas dan Supena. 2008. Belajar Bahasa Indonesia Itu
Menyenangkan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Nelitayanti, T. N. 2008. Cinta Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Published
2022-12-28
How to Cite
PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi. ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS RENDAH SDN 3 PAOWAN KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 140-154, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2554>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2554.
Section
Articles