EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Salah satu inovasi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan agar proses pembelajaran tetap terlaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini adalah dengan melakukan pembelajaran secara online atau daring dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi
informasi untuk pembelajaran daring di masa pandemi menggunakan e-learning menjadi solusi agar kegiatan belajar- mengajar tetap bisa dijalankan. Namun, dalam proses penerapannya tidak serta merta tanpa masalah. Perubahan mendadak dari metode pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh (online) dari rumah secara mendadak (karena pandemi COVID-19) membuat proses penerapan pembelajaran daring dirasa kurang efektif. Oleh sebab itu, penting untuk meneliti bagaimana efektivitas penggunaan teknologi informasi terhadap pembelajaran daring di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaakan TIK untuk pembelajaran daring dimasa pandemi disekolah dasar. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis data flow model, Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi COVID- 19 juga memiliki berbagai kendala dan dampak yang dialami oleh guru, peserta didik, maupun orang tua. Mulai dari lemahnya penguasaan teknologi informasi, hilangnya minat belajar dan motivasi belajar peserta didik, serta keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran.
References
Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. 11, 2, 13–25.
Baety D. N. dan Munandar, D. R. 2021. Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19,” Edukatif Jurnal Ilmu Pendidik. 3, 3, 880–889.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di
Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidik. 2, 1, 55-61.
Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R. dan Mahanani, P. A. R. 2021. Efektivitas Pembelajaran
Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial (Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial). 2, 1, 1–10.
Pakpahan, R. dan Fitriani, Y. 2020. Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of
Information System, Applied, Management, Accounting and Research. 4, 2, 30-36.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P. dan Ayuning, A. 2020. Peran
Surahman, E., Santaria, R. dan Setiawan, E. I. 2020. Tantangan Pembelajaran Daring di indonesia. Journal of Islamic Education Management. 5, 2, 94–95.
Sugiyono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Alfabeta Bandung.
Simatupang, N., Sitohang, S., Situmorang, A. dan Simatupang, I. 2020. EfektivitasPelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode SurveySederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan. 13, 2, 197–203.
Zulhendri, Yunita, R. G. dan Hayeni, F. 2021. Efektivitas Penggunaan Teknologi Informasidalam Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. JOSTECH: Journal of Science