ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SDN 12 PADANGLUA KECAMATAN BANUHAMPU KABUPATEN AGAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif, pendekatan yang digunkan adalah pendekatan fenomenologi yang mana pemeparan pendekatan fenomenologi ini berdasarkan atas pengalaman-pengalaman yang di alami oleh informan kunci. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, yang mana pelaku informan kuncinya adalah guru, kepala sekolah, dan pengawas. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Agar data teruji keabsahannya maka dilakukan antisipasi sebagai berikut: (a) memperpanjang masa pengumpulan data, (b) melakukan observasi sampai data dapat dikatakan sudah jenuh(c) melakukan triangulasi, dan (d) melibatkan teman sejawat untuk berdiskusi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka mendapatkan hasil penelitian yaitu kurikulum merdeka menjadi acuan bagi sekolah penggerak, yang mana tujuan kurikulum merdeka ini adalah untuk menghasilkan siswa yang berprofil pelajar Pancasila, yang mana yang dimaksud dengan berprofil pelajar Pancasila adalah siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, rasa kebhinekaan. Kepala sekolah penggerak mendorong berbagai
macam program partisipatif, unik, dan banyak inovasi. Memupuk kerja sama dengan guru-guru yang mendukung pemimpinnya berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah penggerak.
References
Fahrian Firdaus Syafi’I. 2021. Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. GORONTALO
Javanisa, A., Fauziyah, F. F., Melani, R., & Rouf, Z. A. (N.D.). Implementasi Kurikulum Sekolah Pennggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik.
Restu Rahayu. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.Jurnal Basicedu Vol 6 No 4
Satriawan, W., Santika, D. I., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak Dan TransformasiSekolahDalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 2021.
Inue Sumarsih .2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SekolahPenggerak. Jurnal Basicedu Vol 6 No 5