MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 4 TELAGAKABUPATEN GORONTALO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwing Dengan rumusan masalah “Apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SDN SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 30 peserta didik dan sasaran utama dalam penelititan ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menyelesaikan tes yang diberikan. Hal ini ditunjukkan peningkatan hasil belajar Siklus I pada pertemuan pertama hanya 36.67% yang mendapat hasil baik, pertemuan kedua 50% yang mendapat nilai baik, pertemuan ketiga
63,33% yang mendapat nilai baik dan pada siklus II pertemuan pertama 73,33% yang mendapat nilai baik, pertemuan kedua 86.67% yang mendapat nilai baik, pada siklus II dapat dilihat peningkatan hasil belajar peserta didik walaupun sudah mencapai target, masih ingin mencapai hasil belajar dengan baik dan pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan yang lebih yaitu 93.33% sehingga sudah mencapai ketuntasan 85%. Hasil uji kompetensi Siklus II lebih baik dari siklus I. Hal ini nampak bahwa kegiatan peserta didik selama pembelajaran sudah sangat baik sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang bagus
References
untuk meningkatkan hasil belajar IPS Tema Kayanya Negeriku peserta didik kelas IV
SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya. Jurnal Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar.1115-1125.
Hayati. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. karta. GrahaCendekia, P:2
Yusnaini, (2019). Penerapan Metode Mind Maping guna Meningkatkatkan Hasil Belajar IPA
kelas VII SMPN 02 Rengat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan.Volume 3. No.1. 118-128.
Sulfemi, (2018). Hubungan Motivasi belajar dengan hasil belajar di SMP Kabupaten Bogor.Jurnal Ilmiah Educato. Volume 18. No.1. 1-12.
Darmawadi. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran danMetode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish. P:42.
Mbudja, Walujo dan sugito. (2019). Efektivitas hasil belajar IPS melalui penggunaan ModelPembelajaran Snowball Throwing pada Peserta didik Kelas IV SDN Ende 5 dan SDN
Ende 10. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Volume 9. No.2. 82-90