ANALISIS BULLYING VERBAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SDS IT CINTA ISLAM PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bullying verbal dan dampaknya terhadap kepercayaan diri siswa dalam keterampilan membaca di SDS IT Cinta Islam Padang, adalah metode kualitatif dengan paradigma penelitian ini yaitu naturalistik dan filsafat postpositivisme. Penelitian dilaksanakan dengan observasi dan wawancara baik dari siswa maupun guru. Data diperoleh baik menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini didapat dari pengamatan dan wawancara siswa dan guru. Data yang didapatkan terkait dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak di SDS IT Cinta Islam Padang. Teknik trianggulasi data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi berdasarkan sumber. Peneliti membandingkan dan mengecek baik kebenaran data
melalui waktu dan alat yang berbeda. Dampak Bullying Dari berbagai data yang diperoleh bahwa siswa kelas II SDS IT Cinta Islam, dampak yang ditimbulkan ialah seperti trauma ketika, malu karena diejek, terluka akibat bullying fisik, dan adanya rasa takut untuk
melaporkan pelaku bullying.
References
between Bullying and Assertiveness in Adolescence ?” 1 (36): 19–34.https://doi.org/10.35923/JES.2020.1.02.
Dwi, Kurniawan, and Madyo Utomo. 2022. “Investigations of Cyber Bullying and
Traditional Bullying in Adolescents on the Roles of Cognitive Empathy , AffectiveEmpathy , and Age” 15 (2): 937–50.
Kecamatan, Podorejo, and Sumbergempol Kabupaten. 2022. “Arus Jurnal Pendidikan (AJUP) Analisis Dampak Psikologis Verbal Bullying Pada Anak Kelas 4 SDN 2” 2 (2).
Muslikhah, Indayatus, Tri Sakti Widyaningsih, Universitas Widya, Husada Semarang, and
Kota Semarang. 2020. “Prestasi Belajar Siswa Korban Bullying” 2 (3): 121–28
Pratiwi, Indah, and Gamya Tri Utami. 2021. “Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada
Siswa Sekolah Dasar : Literature Review” 6 (1): 51–68.
Rahman, Budi, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2014. “Peningkatan Keterampilan
Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah
2 Improving Early Reading Skill through Flashcard Media in 1” 2: 127–37.
Suci, Nabilla, Darma Jelita, Iin Purnamasari, and Info Artikel. 2021. “DAMPAKBULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK” 11.
Taylor, Candice. 2021. “Workplace Bullying : Teacher-on-Teacher” 13 (4): 2014–19.Verbal, Dampak, Bullying Terhadap, Kecerdasan Interpersonal, Kelas Ii, S D
Muhammadiyah, Gendol Vi, and Seyegan Sleman. 2008. “Dampak Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah Gendol vi
Seyegan Sleman Yogyakarta,” 35–40