ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA DALAM MENGHITUNG VOLUME BALOK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada abad ke 21 pada saat sekarang ini diperlukan guru yang inovatif dan kreatif dalam proses belajar mengajar agar menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif seperti penggunaan aplikasi GeoGebra, aplikasi GeoGebra ini dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika salah satunya pada materi menentukan volume balok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang menggunakan media interaktif dengan penggunaan aplikasi GeoGebra untuk menentukan volume balok di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah informan kunci atau orang yang memiliki informasi yang mendalam terhadap suatu fenomena seperti guru kelas, sedangkan objek penelitian ini adalah artikel yang berisikan tentang pemanfaatan media interaktif berbasis aplikasi GeoGebra dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini adalah agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam proses belajar mengajar menggunakan media pembelajarn interaktif. Dengan demikian dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran matematika materi menentukan volume balok khususnya pada peserta didik kelas IV SDN 09 Kampung Melayu Kabupaten Agam. Alat pengumpul datanya adalah dokumentasi dalam bentuk instrumen berupa naskah cetak atau fie lunak artikel. Kesimpulan penelitian ini adalah aplikasi GeoGebra merupakan salah satu pilihan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran guna meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika terutama dalam materi menentukan volume balok serta peserta didik dapat memecahkan masalah yang ditemukan di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan cara menentukan volume Balok.
References
Industri, R., & Ghufron, M. A. (2018). Revolusi industri 4.0: tantangan, peluang dan
solusi bagi dunia pendidikan. 332–337 142. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.2 83
Kusuma, Anggun, Badu. 2017. Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam
Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika Vol. 1 No. 2
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video
Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac.
0417(1) https://doi.org/10.15575/bioeduin. v8i1.2922
Permaganti, Bunga. 2019. Analisis Minat Belajar Siswa Sd Pangkalan Mencari Volume
Bangun Ruang Berbantuan Perangkat Lunak Geogebra. Journal On Education, Volume 02, No. 01
Rahadyan Andri. 2018. Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran
Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01)
Refianti, R., & Adha, I. (2018). Learning Trajectory Pembelajaran Luas Permukaan
Kubus Dan Balok. Journal Of Mathematics Science And Education, 1(1), 24–37.
Rosiyanti, Hastri. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Bagi Guru Sekolah Dasar di
Jakarta Selatan Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)Volume 8, Nomor 2
Sylviani, Sisilia. 2019. Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan
Aplikasi Geogebra sebagai Alat Bantu Siswa dalam Memahami Materi Geometri.
Jurnal Pendidikan Multimedia p-ISSN:2685-2489, e-ISSN:2685-2535 Vol. 1, No. 1
Yudha, Firma. 2019. Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya
Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika