PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EACH ONE TEACH ONE DENGAN MEDIA PUZZLE MAGNET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 1 MANGARAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Ramli Ramli SMPN 1 Mangaran

Abstract

Strategi pembelajaran Matematika yang ada, strategi pembelajaran Each One Teach One sangat potensial untuk diterapkan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran Each One Teach One dikembangkan dari pemikiran nilai-nilai demokrasi, belajar efektif, perilaku kerja sama dan menghargai keanekaragaman di masyarakat. Dalam pembelajaran, guru harus dapat menciptakan lingkungan belajar sebagai suatu sistem sosial yang memiliki proses demokrasi dan proses ilmiah. strategi pembelajaran Each One Teach One merupakan suatu strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa dengan siswa mampu menjelaskan jawabannya. Dengan adanya Strategi pembelajaran aktif Each One Teach One dengan Media puzzle magnet diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: penerapan strategi pembelajaran aktif each one teach one dengan media puzzle magnet dapat meningkatkan hasil belajar dari 69% siklus I menjadi 94% siklus II mata pelajaran matematika di kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Mangaran Semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

References

Arikunto Suharsimi, 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran , Jakarta : Penerbit Rineka Cipta
Hobri 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jember : UPTD Balai Pengembangan Pendidikan (BPP).
Maleong, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya
Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran Beroroentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran Beroroentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Silberman, 2007. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: Indeks
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta
Sudjana, 2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remana Rosdakarya
Sugihartono, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Surya, Moh. 2014. Strategi Kognitif. Garut: STKIP Garut Press
Sutarman, 2015. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tilaar, 2010. Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu. Bangsa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Warsono dan Hariyanto, 2012. Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaini, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, Edisi Revisi
Published
2022-12-23
How to Cite
RAMLI, Ramli. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EACH ONE TEACH ONE DENGAN MEDIA PUZZLE MAGNET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII-B DI SMP NEGERI 1 MANGARAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 73-84, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2533>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2533.
Section
Articles