ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DI SDN 1 WRINGIN ANOM JATI BANTENG SITUBONDO
Abstract
Pendidikan sangat erat hubungannya dengan minat belajar yang dimana pendidikan tidak akan berjalan apabila tidak terdapat minat belajar disetiap siswa. Minat belajar memegang peranan penting dalam belajar. Karena minat belajar ini merupakan suatu kekuatan motivasi yang menyebabkan seseorang memusatkan perhatian terhadap seseorang atau kegiatan tertentu. Minat diartikan sebagai kecenderungan subjek yang menetap untuk merasa tertarik pada bidang studi atau pokok bahasan tertentu dan merasa senang mempelajari materi tersebut. Dalam penelitian ini peneliti mengambil jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang menjadi tempat penelitian yaitu ditempatkan di SDN 1 Wringin Anom Desa Wringin Anom Kecamatan Jati Banteng. Peneliti memilih tempat di SDN 1 Wringin Anom karena sesuai observasi yang dilakukan oleh peneliti masih banyak masalah-masalah kurangnya minat belajar siswa khususnya pada masa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan siswa untuk belajar dirumah serta mengakibatkan siswa akan lebih malas untuk belajar khususnya pada pembelajara Matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di SD Negeri 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng tentang Minat belajar Matematika pada materi konsep pecahan di era pandemi Covid-19 yang di lakukan secara daring dan luring, peneliti melakukan wawancara terhadap guru kelas yang sekaligus menjadi guru matematika di kelas 4 SD negeri wringin Anom kecamatan Jati Banteng, wawancara yang di teliti tentang minat belajar di antaranya: Indikator Minat Belajar Menurut Slameto (2010 : 180) beberapa indikator minat belajar yaitu: 1) perasaan senang, 2) ketertarikan, 3) perhatian, 4) keterlibatan siswa.
References
Aningsih&Jayanty, icy putri. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity
(DRTA) Di Kelas III Sdbani Saleh 2 Bekasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Islam Bekasi Jurnal Pedagogik.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Fitri Rofikasari. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V
SD Negeri 2 Jlegiwinangun Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret.
Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Murni, W. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahim Farida. 2009. Pengajaran Membaca di SD. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.