ALAT PERMAINAN EDUKATIF MEMASAK (APEM) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA M.I
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh karakter cinta tanah air siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui implementasi alat permainan edukatif memasak. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimental one group pretest and post test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Probolinggo dengan teknik sampel purposive sampling. Data diambil berdasarkan lembar observasi, dokumentasi, lembar test dan diuji menggunakan uji normalized gain. Berdasarkan rata-rata karakter cinta tanah air siswa hasil observasi mengalami peningkatan sebesar 53,45%. Berdasarkan rata-rata karakter cinta tanah air siswa hasil tes mengalami peningkatan sebesar 68,75%. Analisis normalized gain pada kategori rendah 4,50%, kategori sedang 40,73%, kategori tinggi 45,23%. Analisis normalized gain secara klasikal sebesar 74% atau 0,74 yaitu dalam kategori tinggi.
References
Amalia & Subanji. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Manipulatif
Origami. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4 (8), 1084–1091.
Amalia & Zuhro. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah
Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu, 6 (2), 2370–2379.
Ardianti & Wanabuliandari. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ETHNO-EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA
TANAH AIR SISWA SEKOLAH DASAR. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (2).
Atika Dkk. (2019). elaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Airelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu, V, 105–113.
Fatmawati & Pratiwi. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8 (1).
Fauziyah Dkk. (2022). Implementasi Hadis dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Madani Parung Panjang pada Pembelajaran PAI. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 306–312.
Hake. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Lismawati Dkk. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SDIT AL-MUHAJIRIN. Bina Gogik, 9 (1), 74–89.
Mustika & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 6 (3), 2052–2060.