PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DENGAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA NURUL HUDA KAPONGAN TAHUN PELAJARAN 2021-2022

  • Arico Ayani Suparto STKIP PGRI Situbondo
  • Ahmad Suaidi STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penggunaan media khususnya media audio-visual dengan microsoft powerpointdalam proses pembelajaran sangat diperlukan demi membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah : 1) Untukmengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual dengan Microsoft Power Point terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sosiologi di MA Nurul Huda Kapongan Tahun Pelajaran 2021-2022. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual dengan Microsoft Power Point terhadap motivasi belajar kelas X pada mata pelajaran sosiologi di MA Nurul Huda Kapongan Tahun Pelajaran 2021-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual dengan microsoft powerpoint (X) terhadap keaktifan belajar siswa (Y1) kelas X pada mata pelajaran sosiologi di MA Nurul Huda Kapongan Tahun Pelajaran 2021-2022, diketahui bahwa nilai kelas X IPS 2 (Kelas Eksperimen) sebasar (6,234) dengan tingkat pengaruh sempurna. Sedangkan pada kelas X IPS 1 (Kelas Kontrol) dengan nilai sebesar (-0,099) yang berarti tidak ada pengaruh. 2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dengan microsoft powerpoint (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y2) kelas X pada mata pelajaran sosiologi di MA Nurul Huda Kapongan Tahun Pelajaran 2021-2022, diketahui bahwa nilai kelas X IPS 2 (Kelas Eksperimen) sebasar (0,584) dengan tingkat pengaruh sedang. Sedangkan pada kelas X IPS 1(Kelas Kontrol) dengan nilai sebesar (0,309) dengan tingkat pengaruh rendah.

References

Aprida Pane dan Muhammad Darwis Dasopang,2017, BELAJAR-DANPELAJARAN,e-ISSN:2460-2345,p-ISSN:2442-6997, diambil melalui
website google scholar
Askhabul Kirom,2017,PERAN-GURU-DAN-PESERTA-DIDIK-DALAMPROSES-PEMBELAJARAN-BERBASIS-MULTIKULTURAL,E-ISSN
(online): 2548-1371, Diambil dari google scholar.Endonesa._. Media Pemebelajaran, (Online),
(http://endonesa.wordpress.com/ajaran-pembelajaran/mediapembelajaran/, diakses 4 Januari 2019)
Febriana Khaerunnisa, YYFR. Sunarjan dan Hamdan Tri Atmaja,2017,PengaruhPenggunaan-Media-PowerPoint-Terhadap-Minat-Belajar-Sejarah-SiswaKelas-X-SMA-Negeri-1-Bumiayu-Tahun-Ajaran-2017/2018,E-ISSN:2549-0354, diambil dari google scholar.
Hasmiana Hasan,2016,pengaruh-media-audio-visual-terhadap-ketuntasan-belajarIPS-materi-perkembangan-teknologi-produksi,-komunikasi,-dantransportasi-pada-siswa-kelas-iv-SD-negeri-20-banda-aceh,ISSN:2337-9227, diambil dari google scholar
Hasmiana Hasan,2016,Penggunaan-Media-Audio-Visual-Terhadap-Ketuntasanbelajar-Ips-Materi-Perkembangan-Teknologi-Produksi,-Komunikasi,-
Dan-Transportasi-Pada-Siswa-Kelas-IV-Sd-Negeri-20-Banda-Aceh,ISSN:2337-9227, diambil dari google scholar.
Heriyati,2017,pengruh-minat-dan-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajarmatematika,ISSN:2088-351X, diambil dari google scholar
Innayah,2018,Evaluasi-Pemanfaatan-Media-Audio-“Abc”-(Aku Baca Dalam
Cerita)-Untuk-Mengenalkan-Huruf-Pada-Paud,online ISSN:2622-4283,
diambil dari google scholar.
Muklas Syafi'i putra dan Abdul Rachman Syam tuasikal,2017,pemanfaatanmedia-visual-terhadap-hasil-belajar-dribble-bola-basket,ISSN:2338-
798X. Diambil dari google scholar.
Najmi Hayati, M. Yusuf Ahmad dan Febri Harianto,2017,HubunganPenggunaan-Media-Pembelajaran-Audio-Visual-dengan-Minat-PesertaDidik-pada-Pembelajaran-Pendidikan-Agama-Islam-di-SMANBangkinang-Kota,ISSN:1412-5382, diambil dari google scholar.
Nugroho Wibowo,2016,Upaya-Peningkatan-Keaktifan-Siswa-MelaluiPembelajaran-Berdasarkan-Gaya-Belajar-Di-Smk-Negeri-1-Saptosari,
Jurnal-Electronics,Informatics,and-Vocational-Education-(ELINVO),
Volume-1,Nomor-2, diambil melalui website google
Prof. Dr. Sugiono,2018,METODE-PENELIAN-Kuantitatif-Kualitatid-dan–R&D, Bandung: PT Alfabeta.
Srimaya,2017,efektifitas-media-pembelajaran-powerpoint-untuk-meningkatkanmotivasi_dan-hasil-belajar-biologi-siswa,volume-5-nomor-1-juni-2017, diambil dari google scholar.
Sujono dan Harry Budi Santoso,2017,Analisi-Kualitas-E-Learning-DalamPemanfaatan-Web-Conference-Metode-Webqual,ISSN online:2541-1942,
diambil dari google scholar.
Published
2022-12-19
How to Cite
SUPARTO, Arico Ayani; SUAIDI, Ahmad. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL DENGAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA NURUL HUDA KAPONGAN TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 35-47, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2518>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2518.
Section
Articles