PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM JARINGAN KOMPUTER KELAS X SMK SUMBER BUNGA KAPONGAN
Abstract
Tanpa adanya motivasi belajar dari peserta didik, proses pembelajaran tidak akan berjalan secara maksimal dan hasil belajarpun tidak memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar dan kurangnya aktivitas kegiatan pembelajaran, akibatnya proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terhadap motivasi belajar peserta didik pada pelajaran sistem jaringan komputer kelas X SMK Sumber Bunga Kapongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling yaitu peserta didik kelas X TKJ SMK Sumber Bunga Kapongan sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi serta uji t. Hasil uji t diketahui bahwa nilai thitung=3,039 sedangkan nilai ttabel= 2,036 artinya thitung>ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Pjbl terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sistem Jaringan Komputer kelas X TKJ SMK Sumber Bunga Kapongan dengan tingkat pengaruh sedang.
References
Pada Materi Dinamika Gerak Kelas X Man 2 Model Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(1), 19. https://doi.org/10.22487/j25805924.2017.v5.i1.8087
Akbar, F., & Bahri, A. (2017). Potency of PjBL (Project-Based Learning) Model in Improving Learning Motivation of Students with Different
Learning Styles. UNM Online Journal Systems, 6(1), 95–106. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmatKorespondensi
Amini, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Project Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(2007), 339–345. https://biology.umm.ac.id/files/file/571-576 Risda Amini.pdf
Dewi, M. S., Yuliana, D., & Munawwir, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Aktivitas Belajar Siswa.
5, 6513–6520.
wi Anggreni, Y. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Sma. Physics Education, 12(4), 881–888.
ka Pratiwi, D., Sesunan, F., & Putu Nyeneng, I. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Model Project Based
Learning terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.20180220, doi: 10.52868/jt.v4i1.2650.
Eka purnasari. (2018). Pengaruh model project based learning berbasis media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas x
pada materi protista di sma muhammadiyah 2 bandar lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hidayati, N., & Khaeroni, K. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
IPA Siswa Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning. Ibtida’i:
Jurnal Kependidikan Dasar, 2(2), 275–288.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir
Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/jpb.v7i1.713.
Urnal Pendidikan Biologi Volume, 7(1), 9–21.
Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar Ipa. Dede Kusnandar, 1, 17–
30.
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i.
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal
Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836