UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA RANTING BERGAMBAR WAYANG ORANG PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 LUMAJANG

  • Nanda Silvera Putri SMP Negeri 2 Lumajang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan menulis naskah drama melalui media ranting bergambar wayang orang pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Keunggulan media ini siswa dapat bermain dengan imajinasinya, menafsirkan lewat simbol gambar secara bebas, memberi batasan sendiri terhadap kreativitas bahasa dialog antar tokoh, merancang tema, amanat, penokohan, dan latar cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggrat yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID yang terdiri dari dua siklus. Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar pengamatan. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk atau hasil. Data kuantitatif dievaluasi dengan menggunakanpedoman penilaian penulisan naskah drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran penulisan naskah drama dengan menggunakan media ranting bergambar wayang orang dapat meningkatkan kualitas keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Peningkatan keterampilan menulis tampak pada kualitas proses pernbelajaran yang ditunjukkan oleh ketepatan dan kesesuaian hasil tulisan siswa dengan kriteria penulisan naskah drama. Imajinasi siswa menjadi lebih berkembang dengan adanya ranting bergambar wayang orang. Motivasi belajar siswa menjadi lebih baik dilihat dari keantusiasan siswa dalam membuat media ranting bergambar wayang orang. Apresiasi sastra siswa terbangun dengan baik. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 61.25, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I menjadi 75.50, dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 84.31. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pra tindakan hingga siklus I sebesar 14.25. Peningkatan skor rata-rata mulai dari siklus I hingga siklus II sebesar 8.81. Berdasarkan perolehan skor di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan hingga sesudah tindakan skor kemampuan penulisan naskah drama siswa telah mengalami peningkatan sebesar 23.06 atau sebesar 37.64% atau 38% yaitu dari skor 61.25 menjadi 84.31.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006(a). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pernbelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kernarnpuan Menulis. Yogyakarta: Andi
Offset.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Haryrnawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: BIT PT Remaja Rosdakarya.
Http://smpmgkb-gsk.sch.id/ oleh Arief diakses pada 29 Maret 2011.
Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran (Manual dan Digital). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Mulyani, Tri. 2009. "Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama Dengan Dramatisasi Cerpen Pada Siswa Kelas XI IA2 SMA N I Banjar". Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sadiman, Arief dkk. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Rajawali Pers.
Tarmi. 2008. "Upaya peningkatan Kemampuan Penulisan Naskah Drama Melalui Pembelajaran Kolaboratif Pada Siswa Kelas XI IPS 3 MAN III Yogyakarta" Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun KKN-PPL UNY. 2008. Panduan KKN-PPL. Yogyakarta: Unit Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta.
Waluyo, Herman J. 2001. Drama "Teori Pembelajarannya". Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.
Published
2021-12-07
How to Cite
PUTRI, Nanda Silvera. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA RANTING BERGAMBAR WAYANG ORANG PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 2 LUMAJANG. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 558-573, dec. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2498>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2498.