PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN COOPERATIF SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMKS NURUT TAQWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • aulia mika eva damayanti SMKS NURUT TAQWA

Abstract

Pembelajaran bahasa di SMK sekarang ini sangat membutuhkan kreatifitas dan kemampuan siswa untuk melaksanakan pembelajaran yang aktif. Adapun kegiatan pembelajaran sekarang harus memiliki capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X memiliki keragaman materi. Semua materi di kelas X sangat membutuhkan kemampuan siswa untuk berpikir nalar. Adapun materi di kelas X yang dianggap masih memiliki tingkat kesulitan tinggi yakni materi teks negosiasi. Materi teks negosiasi merupakan teks yang sangat berbeda dengan teks paragraf yang lain, teks negosiasi cukup sulit untuk siswa kelas X SMKS Nurut Taqwa dikarenakan teks negosiasi membutuhkan kalimat yang memberikan argumentasi maupun eksposisi sehingga orang yang membaca teks negosiasi dapat menerima tawaran yang ditawarkan. Pada kegiatan siklus 1, hasil ulangan harian ke 1 ini mengalami pningkatan yang cukup baik, dimana siswa di kelas X mendapatkan nilai 75 sebanyak 14 siswa dimana ini cukup baik dikarenakan pada proses observasi ditemukan hanya 7 siswasaja yang bisa menulis teks negosiasi dengan benar, akan tapi masih ada 7 siswa yang masih belum mendapatkan nilai 75. sedangkan pada siklus 2 terdapat kenaikan dimana Adapun hasil belajar di siklus 2 ini 20 siswa sudah mampu membuat teks negosiasi, hanya tersisa 1 saja siswa yang belum mendapatkan nilai 75, setelah ditelusuri anak tersebut ternyata kurang fokus dikarenakan lagi sakit. Sehingga kesimpulannnya bahwa penggunaan metode cooperative script dapat meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi.

References

Daftar Pustaka
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, S. 2000. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
---------------. 2006. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-teori Belajar. Bandung : Erlangga.
Lie, A. 2002. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Hendrawijaya, A. 1999. Motivasi dan Aktivasi dalam Belajar (Diktat Kuliah). Jember : FKIP Universitas Jember.
Ibrahim, dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Sukardi, D. K. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta : Rineka Cipta.
Published
2021-12-02
How to Cite
DAMAYANTI, aulia mika eva. PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN COOPERATIF SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMKS NURUT TAQWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 550-557, dec. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2443>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2443.