PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE EXPLICIT INTRUCTION DI KELAS XI NKPI SMK PERIKANAN PROVINSI RIAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Mirda Olyvia SMK Perikanan Provinsi Riau

Abstract

Seorang guru benar-benar dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan situasi belajar yang menyenangkan khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMK. Sebagaimana yang telah diketahui Bahasa Indonesia di tingkat SMK mempelajari banyak sekali teks dan tipe penulisan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks eksplanasi dengan kompetensi dasar Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Metode Explicit Intruction sangatlah relevan dan cocok digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI NKPI SMK materi teks eksplanasi dengan kompetensi yang diharapkan siswa mampu menciptakan teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan teks eksplanasi. Adapun hasil tes siklus 1 tentang menulis teks eksplanasi adalah dari 28 siswa yang mengikuti ulangan, didapatkan hasil 15 siswa sudah mendapatkan nilai 80, sedangkan 13 siswa masih mendapatkan nilai 65 dibawah nilai KKM dehingga prosentase siklus 1 adalah 50 % siswa sudah menguasai teks eksplanasi meningkat setelah menggunakan metode Explicit Instruction, hal ini menandakan adanya perbaikan hasil belajar siswa di siklus 1 setelah menggunakan metode Explicit Instruction. pada kegiatan siklus 2 ini ulangan siswa pada materi teks eksplanasi memiliki hasil belajar yang sangat baik, dimana  hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan ada sebanyak 26 siswa kelas XI NKPI mendapatkan nilai 80 hingga 90, nilai tersebut sangat meningkat drastic melebihi siklus 1, sehingga siklus II sudah dikatakan berhasil dan Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 95%. Hal ini dapat dikatan bahwa dengan metode Explicit Instruction  dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks eksplanasi.

References

Arifin, Z., 1991. Evaluasi Intruksional, Prisip, teknik, prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Dasar, Pengembangan Silabus Dan RPP Sekolah Dasar Kelas I-VI. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati. dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah dan Anwar, Z. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Hasibuan. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung: remaja Rosdakarya.
Nurkancana, W, dan Sunartana. 1990. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sardiman, A.M. 1987. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman. A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siddiq. M. D, dkk 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, N. 2002., Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sutrisno, L dkk 2007. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas Jember: 18 April 2009
Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Published
2021-12-01
How to Cite
OLYVIA, Mirda. PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE EXPLICIT INTRUCTION DI KELAS XI NKPI SMK PERIKANAN PROVINSI RIAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 540-549, dec. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2388>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2388.