PENGEMBANGAN KREATIVITAS TUTUR DI ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF
Abstract
Kreativitas bertutur di era digital menjadi komponen penting dalam berkomunikasi melalui media teknologi. Rancangan konseptual ini bertujuan untuk pengembangan kreativitas tuturan melalui materi pembelajaran teks anekdot, teks negosiasi, puisi, teks prosedural, dan teks eksplanasi melalui penggunaan media teknologi khusunya media sosial. Pengembangan kreativitas tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dimpilementasikan melalui pendekatan komunikatif dengan model pedagogi genre yang menekankan pada 4M, yaitu membangun konteks, menelaah model, mengonstruksi terbimbing, dan mengonstruksi mandiri.
References
Kemendikbud. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atasi. Modul. 2016. Jakarta.
Munandar. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Grasindo
Nugrahani. 2017. Pengembangan Bahasa dalam Media Sosial dan Implikasinya terhadap Karakter Bangsa. Jurnal Slistika, 3(1), 1-18.
Piaw, C. 2004. Creative and Critical Thingking Style. Serdang: Universiti Putra Malaysia Press.
Priyatni, T.P. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rahardi, K. 2005. Pragmataik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Permendikbud. 2016. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Amalia, M. 2017. Era Baru: Perencanaan Pengajaran Bahasa Memasuki Abad Era ke 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1). Dari http://riset.unisma.ac.id.