PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN NILAI-NILAI AMANAT CERPEN KELAS XI IPS 1 DI SMAN 2 SITUBONDO TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Nur Fajri As-Shodiqi SMAN 2 SITUBONDO

Abstract

pembelajaran bahasa Indonesia dalam materi menemukan nilai-nilai amanat di dalam cerpen merupakan kegiatan pembelajaran yang cukup memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Siswa dituntut menemukan inti dari suatu cerpen untuk menjadi suatu amanat. Pembelajaran cerpen yang dilakukan di sekolah bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam mengapresiasi karya sastra. Mengaplikasikan nilai-nilai sastra ke dalam kehidupan dapat lebih mudah sesuai dengan pembelajaran yang telah diperolehnya, pembelajaran cerpen bertujuan untuk belajar menghargai manusia dan nilai-nilainya. Pembelajaran cerpen diarahkan pada kemampuan siswa dalam mengungkapkan makna dan nilai positif yang terkandung dalam cerpen. Dalam observasi dan tes awal ditemukan dari 30 siswa kelas XI IPS 1 dimana hanya 6 siswa saja memiliki nilai diatas KKM, 24 siswa atau 80 persen siswa masih salah dalam menjawab nilai-nilai amanat yang terdapat di dalam cerpen. Pada siklus I hasil belajar yaitu ulangan 1 dimana 30 mahasiswa yang mengikuti ulangan dimana 16 peserta mampu memiliki nilai ulangan 75, ada 14 siswa masih memiliki nilai dibawah KKM. Sehingga bisa disimpulkan pada siklus 1 terdapat kenaikan 10 siswa yang telah lulus KKM dibandingkan hasil observasi awal yakni hanya 6 siswa saja.Tes ulangan ke 2 untuk mengetahui seberapa besar proses pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw. Adapun tes dilaksanakan setelah materi diskusi berakhir, dimana anak-anak disuguhkan teks cerita atau cerpen untuk mencari amanat-amanat yang terkandung didalamnya. Hasil di siklus 2 ini di dapatkan 25 siswa sudah memiliki nilai 75, sedangkan 5 masih dibawah nilai KKM. Sehingga dapat diisimpulkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan atau hasil belajar bahasa Indonesia khsususnya materi nilai-nilai amanat didalam cerpen.

References

Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ketrampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang : Yayasan Asah Asih Asuh
Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung : Sinar Baru
Anoegrajekti, Novi. 2006. Pengantar Teori Sastra Buku Ajar. Jember : Fak Sastra Universitas Jember
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Esten, Mursal. 1990. Kesusastraan : Pengantar dan Teori. Bandung : Angkasa
Hendy, Zaidan. 1989. Kasusastraan Indonesia Studi dan Pengajarannya. Jakarta : Gramedia
Ibrahim et al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum 2004 SMP dan MTs.2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdiknas
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Lubis, Mochtar. 1997. Sastra dan Tekniknya. Jakarta : Obor Indonesia
. 1986. Teknik Mengarang. Jakarta : Kurnia Esa
Maryani, Yani. 2004. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : Pustaka Setia
Mido, Frans. 1994. Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya. Flores : Nusa Indonesia
Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : UGM University Press
Nurhadi, Yasin. Burhan dan Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang
Rahmanto, B. 1988. Metoda Pengajaran Sastra. Yogyakarta : Kanisius
Rofi’uddin, Ahmad. 1998. Rancangan Penelitian Tindakan. Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan VII Tahun 1998 1999. lembaga Penelitian IKIP Malang
Soepono, Bambang. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jember : Depdiknas Direktorat Jember Pendidikan Tinggi Universitas Jember
Sudjiman, Panuti. 1968. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta : Pustaka Jaya
Sukmana, Nanda. 2006. Kajian Sosial Drama Opera Kecoa Karya N. Riantiarno
Sumardjo, Jakob. 1984. Memahami Kesusastraan. Bandung : Alumni
Suroto. 1990. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta : Erlangga
Tarigan, H. Guntur. 1990. Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa
Teeuw, A. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya
Timor, Emyl Vidya. 2006. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Strategi Empatik pada Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 2 Jember. Jember: Universitas Jember
Tjahjono, Liberatus Tengsoe. 1988. Sastra Indonesia: Pengantar Teori dan Apresiasi. Flores : Nusa Indah
Warren, Austin & Wellek, Rene. 1962. Teori Kesusastraan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Wirdjosoedarmo, Soekono. 1984. Pengantar ke Arah Studi Teori Sastra Indonesia. Jakarta : PT Intan
Published
2021-12-01
How to Cite
AS-SHODIQI, Nur Fajri. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN NILAI-NILAI AMANAT CERPEN KELAS XI IPS 1 DI SMAN 2 SITUBONDO TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 509-519, dec. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2373>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2373.