PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACAKAN TEKS BERITA DI SMAN 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • nurweni wulansari SMAN 2 SITUBONDO

Abstract

Hasil belajar siswa pada materi bahasa Indonesia materi membaca teks berita masih menjadi kendala, siswa masih belum bisa melafalkan intonasi dengan baik. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala sehingga siswa masih merasa belum mampu mendapat nilai yang sesuai KKM. Penyebab pertama ini dikarenakan guru masih menjadi pusat dari segala kegiatan proses pembelajaran,  Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan Metode Role Playing atau bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, (3) aktivitas guru, (4) persentase ketuntasan belajar dengan penerapan role playing pada materi Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik di SMAN 2 Situbondo. Seluruh siswa kelas XI berjumlah 20 siswa yang kemudian dibagi menjadi 5 kelompok. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Metode Tes, Metode Observasi, Metode Dokumentasi dan Metode Wawancara. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persentase hasil analisis rata-rata peningkatan siswa sebesar 9 persen yaitu dari 70% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Kenaikannya dari 65% menjadi 90%. Sehingga kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing dapat menjadikan siswa aktif, kreatif dan dapat meningkatkan hasil belajar.

References

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Implementasi Kurikulum 2004:Panduan Pembelajaran KBK. Bandung. Remaja Rosdakarya
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung. Rosada
Taniredja, Tukiran. (2014). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung. Alfabeta.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bukti Aksara.
Husamah, Yanur Setyaningrum. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi, Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Komalsari, Kokom. (2015). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan& Model Pembelajaran dalam Kurikulum
2013. PresrtasiPustaka. Jakarta.
Suhita, Rintis. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.
Wijayanti, Dyana. 2013. Analisis Soal Pemecahan Masalah pada Buku Sekolah Elektronik Pelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Majalah Ilmiah Sultan Agung 49(123). Diakses pada 13 Juli 2018 (http://jurnal. unissula.ac.id/index.php/majalahilmiahsultanagung/article/view/32)
Amir, M. F., & Sartika, S.B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan& Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PresrtasiPustaka. Jakarta.
Published
2021-11-30
How to Cite
WULANSARI, nurweni. PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACAKAN TEKS BERITA DI SMAN 2 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 496-508, nov. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2365>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2365.