PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • ahmad hafas rasyidi STKIP PGRI Situbondo
  • Agusti Agusti STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Seorang peserta didik akan lebih meningkat aktivitasnya dalam belajar apabila ia mengetahui tujuan dari kegiatan belajarnya. Berbeda dengan peserta didik yang tidak memahami tujuan yang akan di dapat dalam mempelajari suatu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di semester 2-A program studi pendidikan ekonomi, diperoleh hasil tes yang dilaksanakan pada pertemuan pertama terdapat 4 peserta didik yang tidak tuntas dan 15 peserta didik tuntas dalam belajar dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 78,95% sedangkan suatu kelas dikatakan telah tuntas dalam belajar apabila dikelas tersebut telah terdapat minimal 85% yang telah mencapai nilai test ≥ 65 dari nilai test maksimal 100. Dari analisis hasil tes dan kriteria ketuntasan hasil belajar di atas ada 17 peserta didik telah mencapai ketuntasan secara perorangan dan 2 orang tidak tuntas sehingga diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89,4%.

References

Dasopang, A. P. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu
Keislaman Vol. 03 No. 2 Desember 2017 e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997,
333-334.
DePorter, B., & Mike, H. (1992). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan
Menyenangkan. (A. Abdurrahman, Penerj.) Bandung: Perbit Kaifa.
Fathurrohman, M. R. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Teknik
Jigsaw Dengan Teknik Stad Pada Kelas X Di MA Miftahunnajah. Bandung: Program
Studi Biologi Fkip Universitas Pasundan Bandung.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Published
2022-11-02
How to Cite
RASYIDI, ahmad hafas; AGUSTI, Agusti. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 477-495, nov. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2358>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2358.