PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII DI SMPS 21 NAHDLATUL ULAMA SYAMSUL ARIFIN BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Marita Wahyu Aulia SMPS 21 NAHDLATUL ULAMA SYAMSUL ARIFIN BANGSALSARI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas 8 SMPS 21 Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin Bangsalsari. Sekolah SMPS 21 Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin Bangsalsari pada saat proses pembelajaran dilakukan tanpa media apapun. Mereka hanya menggunakan metode ceramah. Masih banyak siswa SMPS 21 Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin Bangsalsari yang masih belum mampu menulis karangan eksposisi. Guru mencoba memecahkan masalah ini dengan menggunakan gambar berseri dalam proses pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis karangan eksposisi dengan benar sehingga siswa akan lebih mudah memahami arti dari gambar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi menggunakan media gambar pada siswa kelas 8 SMPS 21 Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin Bangsalsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus menjalani dua pertemuan dengan satu tindakan dan satu ulangan harian. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 siswa kelas 8 SMPS 21 Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin Bangsalsari yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil tes awal menulis eksposisi hanya 3 siswa mendapat nilai baik dan 10 mendapat nilai dibawah kkm. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar 9 siswa (69%), dan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 11 siswa (85%). Pencapaian ini didukung dengan penggunaan media gambar berseri dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru juga memberikan penjelasan dan bimbingan kepada siswa selama proses pembelajaran agar siswa lebih memahami makna menulis.

References

A.P Rosalina. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Gambanar Berseri Siswa Kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo. Diakses dari perpustakaan, Universitas Negri Jember.
Depdiknas. (2013). Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan (Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia). Diakses dari http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/isi/Standar_Isi.pdf
F.E, Zul. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Aneka Ilmu.
Herawati, S. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III. Bangkalan. Diakses dari http://journal.trunojoyo.ac.id
Lidyawati, R; Eko Hadi; dkk. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi. Situbondo: Unars Press Situbondo.
Nutabonis Sriwongso. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id
Widayati, Ani. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6, 87-93. Diakses dari https://journal.uny.ac.id
Published
2022-11-01
How to Cite
AULIA, Marita Wahyu. PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII DI SMPS 21 NAHDLATUL ULAMA SYAMSUL ARIFIN BANGSALSARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 467-475, nov. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2351>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2351.