IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
456 | J URNAL IKA: PGSD UNARS VOL.10 NO. 2 DESEMBER 2021
JURNAL IKA: IKATAN ALUMNI PGSD UNARS P-ISSN: 2338-3860
Vol. 10 No. 2, Desember 2021 E-ISSN: 2656-4459
https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS BAHASA
INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Dodik Eko Yulianto1
1Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
E-mail: [email protected]
Received: Sept 15, 2021 Revised: Oct 8, 2021 Accepted: Oct 18, 2021
ABSTRAK
Pada hasil pengamatan, diketahui terdapat anggapan bahwa mata pelajaran Bahasa
Indonesia merupakan mata pelajaran yang mempunyai empat keterampilan berbahasa
yaitu : menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Apabila hanya di ajarkan dengan
menggunakan metode ceramah saja, sehingga membuat siswa mengalami kesulitan.
Yang menjadi permasalahan adalahbagaimana penerapan model pembelajaran Role Play
pada tema 3 (Kerukunan Dalam Masyarakat), subtema 3 (Cara Menjaga Kerukunan)
pada siswa kelas V semester I di SD Negeri 1 Bloro Kecamatan Besuki Kabupaten
Situbondo?. Sedangkan yang menjadi tujuannya ntuk mengetahui bahwa penggunaan
model pembelajaran Role Play dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa
Indonesia pada siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Bloro Kecamatan Besuki
Kabupaten Situbondo ".Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model
pembelajaran Role Play dapat Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Siswa Dalam
Muatan Bahasa Indonesia Materi Drama pada Siswa Kelas V Semester I di SD Negeri
1 Bloro Tahun Pelajaran 2020/2021.
References
Alih Bahasa Munandir, PAU UT, Jakarta.
Depdikbud, 2000/2004, Petunjuk Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar, Dirjen
dikdasmen, Jakarta.
Depdikbud, 2004, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas I Sekolah Dasar,
Dirjen Dikdasmen, Jakarta.
Haopkins, David, 2003, A Teacher 'S Guide to Classroom Research, Philadelpia open
University Press, Hilton Keynes.
Me niff, 2011, Action Research Principles and Practice, New York, Chapman and Hall
Inc.
Muchlisoh, dkk, 2005, Materi Pokok Bahasa Indonesia 3, UT, Jakarta