PENGARUH MODEL PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS I KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Basic
Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata
pelajaran matematika siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Situbondo Kabupaten
Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020 . Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian quasi experimental.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di
SD Negeri 4 Dawuhan dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan kelas V
SD Negeri Patokan 2 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen.Instrumen
yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas
instrument menggunakan SPSS for 22 dan reliabilitas instrument dengan SPSS for
- Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan SPSS for 22 dan uji
homogenitas menggunakan SPSS for 22 dan analisis data menggunakan rumus
uji-tseparated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil thitung>ttabel (dengan
tarafsignifikasi 0,05 dan n = 56 dengan db=n-2=56-2=54) yaitu 4,326>2,004,
maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima yang berarti terdapat pengaruh model Problem Basic Learning terhadap
kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika
siswa kelas V di gugus I SD Negeri 4 Dawuhan Kecamatan Situbondo dan SD
Negeri 2 Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran
2019/2020.
References
Achmat.(2000;15).Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.
Allen dan Yen.(2009:1).Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik.Kuala Lumpur :
PRIN-AD, SDN, BHD.
Alawiyah. (2014:181). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, Surakarta :
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Amir.(2014:78-79). Karakteristik Matematika. Malang : Universitas Muhammadiyah.
Anastari.(2012:22).Penilaian Proses Hasil Belajar.
Arikunto.( 2006:149). Metode Penelitian Matematika. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto. (2008:115). Metode Penelitian Matematika. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto. (2010:211). Metode Penelitian Matematika. Jakarta. Rineka Cipta
Shoimin Aris .(2014:131-132).Model Pembelajaran. Bandung : Dunia Pendidikan.
Arends. (2001). Model Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arends. (2008: 52). Model Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Asmariana. (2013:2). Matematika Untuk PGSD. Bandung : PT Remaja.