PENGARUH MODEL PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS I KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Dodik Eko Yulianto universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Basic


Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata


pelajaran matematika siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Situbondo Kabupaten


Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020 . Penelitian ini menggunakan jenis


penelitian quasi experimental.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di


SD Negeri 4 Dawuhan dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan kelas V


SD Negeri Patokan 2 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen.Instrumen


yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas


instrument menggunakan SPSS for 22 dan reliabilitas instrument dengan SPSS for



  1. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan SPSS for 22 dan uji


homogenitas menggunakan SPSS for 22 dan analisis data menggunakan rumus


uji-tseparated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil thitung>ttabel (dengan


tarafsignifikasi 0,05 dan n = 56 dengan db=n-2=56-2=54) yaitu 4,326>2,004,


maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha


diterima yang berarti terdapat pengaruh model Problem Basic Learning terhadap


kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika


siswa kelas V di gugus I SD Negeri 4 Dawuhan Kecamatan Situbondo dan SD


Negeri 2 Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran


2019/2020.

References

DAFTAR PUSTAKA
Achmat.(2000;15).Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.
Allen dan Yen.(2009:1).Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik.Kuala Lumpur :
PRIN-AD, SDN, BHD.
Alawiyah. (2014:181). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, Surakarta :
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Amir.(2014:78-79). Karakteristik Matematika. Malang : Universitas Muhammadiyah.
Anastari.(2012:22).Penilaian Proses Hasil Belajar.
Arikunto.( 2006:149). Metode Penelitian Matematika. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto. (2008:115). Metode Penelitian Matematika. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto. (2010:211). Metode Penelitian Matematika. Jakarta. Rineka Cipta
Shoimin Aris .(2014:131-132).Model Pembelajaran. Bandung : Dunia Pendidikan.
Arends. (2001). Model Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arends. (2008: 52). Model Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Asmariana. (2013:2). Matematika Untuk PGSD. Bandung : PT Remaja.
Published
2022-09-19
How to Cite
YULIANTO, Dodik Eko. PENGARUH MODEL PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS I KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 566-575, sep. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2237>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.2237.
Section
Articles