PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SD MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman matematis siswa sd menggunakan aplikasi zoom pada pembelajaran matematika di era pandemi covid-19, kajian dalam artikel ini difokuskan terhadap pemahaman matematis siswa sd menggunakan aplikasi zoom pada pembelajaran matematika di era pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sumber data terdiri dari hasil wawancara dengan guru menggunakan lembar wawancara guru, observasi siswa menggunakan lembar observasi siswa, angket wali murid menggunakan google form, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman matematis siswa menggunakan aplikasi zoom pada pembelajaran matematika dengan adanya kendala yang terjadi pada saat pembelajaran zoom seperti sulitnya jaringan dan kurang fokusnya siswa pada saat pembelajaran daring berlangsung. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman matematis siswa sd menggunakan aplikasi zoom pada pembelajaran matematika tercapai atau tidak.
References
Amka, H. (2019). Filsafat pendidikan (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Mauldditya, R. P. (2019). Strategi Marketing Politik Pasangan Ade Uu Sukaesih Dan Nana Suryana Pada Pemilihan Walikota Banjar Tahun 2018.
http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/185
Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se- Kota Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949.
https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194
Prastowo, A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting di Sekolah Dasar. 3(4), 1734– 1744.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)
(Cetakan ke). Alfabeta.
Sustiningsih, S. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Zoom Cloud Meeting Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 236–241. https://doi.org/10.47387/jira.v2i2.64
Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.481 Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Program GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang
Sisi Datar. Journal Of Matematics Learning, 2(2), 1–11. http://jml.ejournal.id/index.php/penmat/article/view/41