UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMPN 1 SUKAPURA TAHUN AJARAN 2021-2022
Abstract
Penelitian ini penting dilakukan karena masih terdapat beberapa kendala yang dapat menghambat para guru untuk menjalankan pekerjaannya dengan disiplin, Dengan adanya penelitian ini diharapkan mendapatkan sebuah solusi untuk meningkatkan kedisiplinan para guru. kedisiplinan guru yakni guru mematuhi segala aturan di sekolah. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa sebagian besar para guru di SMPN 1 Sukapura dalam menjalankan kedisiplinannya sudah baik, diketahui terdapat kendala yang dapat menyulitkan guru dan masih ada satu atau dua guru yang sering terlambat untuk hadir ke sekolah. Adapun solusi atau upaya dalam mengatasi kendala tersebut adalah kepala sekolah saat ini selalu mengadakan meeting pagi sebelum pembelajaran dimulai dan meeting siang sebelum pulang dari sekolah untuk memberikan arahan atau evaluasi pada kinerja guru. kepala sekolah juga mengadakan berbagai program pelatihan di sekolah untuk meningkatkan kinerja para guru dan kepala sekolah juga mengkoordinasi dan kerja samanya dengan pemerintah setempat agar aliran listrik di sekolah bisa dioptimalkan. Kesimpulan dari penelitian ini yakni sebagaian besar para guru sudah menjalankan kedisiplinannya dengan baik serta kepala sekolah selaku pemimpin para guru sudah melakukan upayanya untuk mengatasi kendala dan permasalahan yang ada untuk meningkatkan kedisiplinan para guru di SMPN 1 Sukapura.
References
Chintra, Miss Nurulaiman. 2017. Upaya Peningkatan profesionalitas Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Ringin Wok.Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang.
Fitriana, Laili R. 2014. Upaya Peningkatan profesionalisme Guru pendidikan Kewarganegaraan di Lingkungan sekolah Muhammadiyah, Skripsi. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
Iskandar, U. 2013. Kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 10. (1):1018-1027.
Irawati, H. 2018. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di SMP Negeri 3 Selat Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). 1(9) 77-79.
Julaiha, S. 2019. Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 6. (3): 51-62.
Mahsojumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Raja Gravindo Persada.
Masruroh, S. 2012. Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta Semester Satu Tahun 2011/2012. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran. 1-11.
Musri. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru Dan Karyawan Di SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi. 1 (1). 25-37.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Madin. 2016. Peningkatan Disiplin Kerja Guru Melalui Pembinaan Kompetensi Kepribadian. Journal Article. 444-454.
Rosdiana. 2018. Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Melaksanakan Tugas Melalui Penerapan Reward di SD Negeri 050745 Pangkalan Berandan Tahun 2016/2017. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 15 (1). 95-110.
Rivai, Veithzal, Dkk. 2012. Kepeminpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Suwandi & Sajari. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Uriatman, M. 2015. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan. 9. (6):822- 827.