PENINGKATAN PROSES BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN 01 PANCUNG SOAL PESISIR SELATAN

  • reinita reinita Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas pembelajaran PKn di kelas IV SDN 01 Pancung Soal Pesisir Selatan. Kegiatan lebih berpusat pada guru sehingga dalam proses pembelajaran siswa hanya mendengarkan, tidak memahami konsep PKn dan kurang mampu mengungkapkan ide, serta masih pasif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Pancung Soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model Picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 01 Pancung Soal. Hal ini dapat dilihat sebagai berikut: aktivitas belajar siswa pada siklus I Aktivitas Visual memperoleh persentase 78% dengan kategori Baik (B), sedangkan pada siklus 2 meningkat 88% dengan kategori Sangat Baik (SB), pada siklus 1 Aktivitas Lisan diperoleh 76% sedangkan pada siklus 2 meningkat 98% dengan kategori sangat baik (SB), pada siklus 1 Aktivitas Mental memperoleh 76% sedangkan pada siklus 2 meningkat dengan persentase 81% dengan kategori baik (B). Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Picture and picture dalam pembelajaran PKn di kelas IV dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ministry of National Education. 2006. KTSP. Jakarta: national education minister.
Istarani, 2012. 58 Innovative Learning Models. Medan: Persada Media.
Kunandar, 2011. Classroom Action Research. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Reinita. (2012). Improving the PKN Learning Process through the Use of a Values
Learning Approach in Grade II of the UNP Development Elementary
School By: Reinita Padang State University. Pedagogy: Scientific Journal
of Basic Education, XII(1), 149–164.
Reinita. (2013). Listening Team models. Scientific Journal of Education, XIII(1),
34–39.
Reinita, R. (2020). The Effect of the Application of the Discovery Learning Model
on Student Learning Outcomes in Civics Learning in Class V SDN 02
Aur Kuning Bukittinggi. Journal of Primary School Education and
Learning Innovation, 3(2), 13. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107405
Taufik Taufina, 2012. Mosaic of Innovative Learning. Jakarta: Sukabina press
Winarno, 2013. Civic Education Learning. Jakarta : PT Bumi Aksa
Published
2022-07-02
How to Cite
REINITA, reinita. PENINGKATAN PROSES BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN 01 PANCUNG SOAL PESISIR SELATAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 290-303, july 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1866>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v11i1.1866.
Section
Articles