MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE DI MASA PANDEMI COVID-19

  • yusti hari winayu STKIP PGRI Situbondo
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Deni Adi Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran daring dengan menggunakan youtube sebagai bentuk media pembelajaran dimasa pandemi covid-19 yang dilakukan di SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang menyajikan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan melalui informan yang akan di amati. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik triangulasi yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang di inginkan didalam penelitian ini adalah motivasi, keaktifan dan pemahaman siswa terhadap proses pembalajaran daring dengan menggunakan media youtube. Hasil dari penelitian tersebut, bahwa didalam penggunaan youtube selama pembelajaran daring sudah dapat diterima dengan baik oleh seluruh siswa dan siswa pun sangat antusias didalam menerima pembelajaran melalui youtube tersebut, sehingga dengan adanya youtube membawa pengaruh baik didalam menumbuhkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran daring. Meskipun terkadang video youtube yang diberikan oleh guru kurang menarik didalam tampilannya, sehingga dengan kejadian tersebut dapat menumbuhkan rasa bosan pada diri siswa didalam menerima pembalajaran daring dengan memanfaatkan media youtube. Akan tetapi, siswa akan tetap berusaha dengan cara mereka sendiri untuk dapat mempertahankan motivasi belajar mereka dengan baik yaitu dengan tetap fokus didalam menerima pembelajaran daring

References

Afiani, K. D. A., Faradita, M. N. 2021. “Pengembangan Media ‘MEB’ dalam
Menumbuhkan Rasa Nasionalis pada Pembelajaran Matematika SD.” Jurnal
Bidang Pendidikan Dasar 5(1):31–41. doi: 10.21067/jbpd.v5i1.5368.
Arifa, F. N. 2020. “Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam
masa darurat covid-19.” Info Singkat: Kajian Singkat terhadap Isu Aktual
dan Strategis 7(1):13–18.
Atikahani, V., Iriani, T., Arthur, R. 2018. “Pengembangan Media Flashcard Mata
Kuliah Teknologi Beton Di Program Studi Pendidikan Vokasional
Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta.” Jurnal PenSil 7(2):71–78.
doi: 10.21009/pensil.7.2.2.
Lestari, A. D. 2021. Hubungan Kejenuhan Belajar Secara Daring Terhadap Hasil
Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Kota Jambi.
Ma’ruufah, M. A., Gestiardi, R., Chumdari. 2021. “Pemanfaatan Teknologi
Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V
Sekolah Dasar.” Jurnal Nalar Pendidikan 9(1):36. doi:
10.26858/jnp.v9i1.20299.
Muhammad, M., Setiawan, F., Afiani, K. D. A. 2021. “Analisis Proses
Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru
Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Surabaya.” Syntax Literate ; Jurnal
Ilmiah Indonesia 6(2):949. doi: 10.36418/syntax-literate.v6i2.2194.
Nuraini, N. L. S., Laksono, W. C. 2019. “Motivasi Internal dan Eksternal Siswa
Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika.” Sekolah Dasar: Kajian
Teori dan Praktik Pendidikan 28(2):115–24. doi:10.17977/um009v28i22019p115.
Panorama, M., Muhajirin. 2017. “Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif
dan Kuantitatif.” Ebook 148:148–62.
Priana, R. Y. S. 2017. “Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran
Terintegrasi Tekhnologi Informasi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
FKIP UNTIRTA 2017 313–16.
Sari, L. 2020. “Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan
Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal
Tawadhu 4(1):1074.
Setiawan, F. 2017. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa
Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri.”
ELSE (Elementary School Education Journal) 1(1):26–37.
Setiawan, T. Y. 2021. “Pemanfaatan Youtube Pada Sistem Pembelajaran Dalam
Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IIC Sekolah Dasar.” Doctoral
dissertation 1–42.
Sopyan. 2009. Panduan Praktis Mengoptimalkan YouTube. Jakarta Selatan:
Media Kita.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, S. 2015. “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI
BELAJAR SISWA.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 3(1):73–
82. doi: 10.31316/g.couns.v3i1.89.
Sur, W. A., Hasanah, M., Mustofa, M. R. 2020. “Analisis Motivasi Belajar
Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi
Covid-19.” Jurnal EQUATION Teori dan Penelitian Pendidikan
Matematikaal 3(2):40–54.
Widiyantara, IMS. 2020. “PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE SEBELUM
DAN SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN
KETERAMPILAN BERBAHASA PESERTA DIDIK.” 9(1):139–50.
Published
2022-06-20
How to Cite
WINAYU, yusti hari; SETIAWAN, Fajar; PUTRA, Deni Adi. MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 240-253, june 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1828>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v11i1.1828.
Section
Articles