PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PANJI

  • siti aisyah STKIP PGRI Situbondo
  • Zainul Munawwir STKIP PGRI Situbondo
  • irma noervadila STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 3 Panji. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dengan jumlah siswa 32 orang dan VII B dengan jumlah siswa 32 orang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan melalui pre-test, post-test, dan angket. Hasil data uji-t adalah 0.000 < 0.05 (α), maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini juga dapat dilihat dari rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 87,531 dan rata rata pada kelas kontrol sebesar 38,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 3 Panji tahun ajaran 2021/2022. Pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity dapat meningkatkan aktivitas belajar serta pemahaman materi sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

References

A. Priantono, “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan
Pemahaman Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung,” CENDEKIA Pendidik. dan
Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 35–44, 2021, doi: 10.51878/cendekia.v1i3.356.
[2] A. Santri and Abdillah, “Pengaruh Minat Baca dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar
PAI Siswa SDN 105304 Sarilaba Jahe Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang,” J. Ekon. Sos.
Hum., vol. 1, no. 06, pp. 1–9, 2020.
[3] I. Hulu, “Meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp dengan menerapkan metode
improve,” vol. 4, no. 1, pp. 779–787, 2020, [Online]. Available:
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/528/463.
[4] I. Nurhasanah and N. Hidayati, “Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Kelas VIII
pada Materi Persegi Panjang,” MAJU J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 91–100, 2021,
[Online]. Available: https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/612.
[5] M. Surur and S. T. Oktavia, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY
LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA,” JPE (Jurnal
Pendidik. Edutama), vol. 6, no. 1, pp. 11–18, 2019, [Online]. Available:
https://pdfs.semanticscholar.org/f5c7/e0d7938c159744c749175c9238e9d952b89b.pdf.
[6] I. Noervadila and Misriyati, “PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI
BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA KELAS X IPS SEMESTER GENAP DI MA
Published
2022-06-20
How to Cite
AISYAH, siti; MUNAWWIR, Zainul; NOERVADILA, irma. PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PANJI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 228-239, june 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1827>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v11i1.1827.
Section
Articles