PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DENGAN MEDIA EDMODO

  • Tajuzzaqi Tajuzzaqi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Deni Adi Putra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Pembelajaran daring di era pandemic covid-19 sangat diperlukan untuk keberlangsungan pembelajaran jarak jauh, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran menggunakan media Edmodo dan respon dari orang tua dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran ini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek wali murid dan siswa kelas 2F SD Muhammadiyah 4 Surabaya. hasil dari penelitian ini yaitu: 1) proses pembelajaran menggunakan media Edmodo diawali dengan guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan pembelajaran menggunakan Edmodo, guru menyiapkan materi dan sumber belajar yang akan di unggah ke dalam akun Edmodo, materi sumber belajar, dan RPP di unggah kedalam akun Edmodo guru, peserta didik dapat langsung melihat di kelas Edmodo tentang materi pembelajaran yang sedang dilaksanakan, peserta didik juga bisa mengerjakan tugas dan latihan-latihan langsung di kelas Edmodo dan guru dapat langsung menilai hasil tugas dan latihan peserta didik di kolom Edmodo. 2) Respon dari orang tua dan siswa menunjukkan hal yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran. Saran dari penelitian ini bisa menjadi rujukan untuk penelitian sejenis dan proses pembelajaran sekolah lain dengan menggunakan Edmodo.

References

Bonk, Curtis J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland.
Retrieved from http://publicationshare.com
Dougall, William Mc. (1999). An Introduction to Social Psychology. Methuen:
London Barnes & Noble.
Elya, Ananda Hadi. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning
Dalammeningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta Edisi : 56. April 2018.
Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari
https://www.coursehero.com/file/56158972/4-5-1-SMpdf/
Hartanto, Antonius Aditya. & Onno, W. Purbo (2002). Buku pintar internet
teknologi e-learning berbasis PHP dan MySQL. Jakarta : Elex Media Komputindo.
http://bukupesantren.com/booming-online-learning/. (Diakses tanggal 19 Agustus
2020).
Kamarga, Hanny, (2012). Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses
Sumber Informasi Kesejarahan, Inti Media, Jakarta.
Kenji, Kitao. (1998). Internet Resources : ELT, Linguistics, and Communication.
Japan : Eichosha.
Koran, Jaya Kumar C. (2002). Aplikasi ‘E-Learning’ Dalam Pengajaran Dan
Pembelajaran Di Sekolah-Sekolah Malaysia: Cadangan Perlaksanaan Pada
Senario Masa Kini, Pasukan Projek Rintis Sekolah Bestari Bahagian. Teknologi
Pendidikan, Kementerian Pendidikan Malaysia.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A
Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep
Rohindi Rohidi, UI-Press.
Purcell, Melissa A. (2012). The Networked Library: A Guide for the Educational
Use of Social Networking Sites. Santa Barbara, California: Linworth An Imprint of
ABC-CLIO, LLC.
Putrawangsa, Susilahudin & Hasanah, Uswatun. (2018). Integrasi Teknologi Digital
dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran
Matematika. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Volume
16, No. 1, Juni 2018. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. Dari
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/203/124.
Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In
The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies.
Shelly, Gary. (2011). Discovering Computers. United Kingdom: Course
Technology
Published
2022-06-20
How to Cite
TAJUZZAQI, Tajuzzaqi; PUTRA, Deni Adi; AYU AFIANI, Kunti Dian. PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DENGAN MEDIA EDMODO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 213-227, june 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1826>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v11i1.1826.
Section
Articles