WHATSAPP SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DISKUSI TUGAS KERJA KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Media sosial WhatsApp menjadi tempat berkomunikasi untuk satu atau lebih dari banyak orang tanpa harus bertemu secara langsung. Selain untuk mengirim pesan dan menelpon, WhatsApp berfungsi juga untuk mengirimkan foto, video, voice note, dan berkas-berkas (seperti Word, PPT maupun PDF). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan persepsi dari para mahasiswa atau mahasiswi Pendidikan Sosiologi kelas B angkatan 2019 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap penggunaan media sosial WhatsApp sebagai sarana berkomunikasi untuk diskusi pengerjaan tugas kerja kelompok selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Sosial dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik wawancara secara online kepada para mahasiswa atau para mahasiswi Pendidikan Sosiologi di kelas B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial WhatsApp dapat bermanfaat untuk berdiskusi kerja kelompok walaupun tidak ada kontak dan komunikasi secara langsung akibat di masa pandemi Covid- 19 yang mengharuskan untuk belajar di rumah. Adapun juga kendala-kendala yang dialami selama proses kerja kelompok berlangsung seperti kesibukan dari masing-masing anggota kelompok, tenggelamnya chat diskusi kelompok, waktu yang tidak tepat untuk berdiskusi, dan tidak adanya kuota sehingga tidak tahu jika ada pesan masuk.
References
Aisah dan Sinta Rosalina. 2022. Analisis Penggunaan Bahasa Prokem Pada
Remaja di Desa Kutanegara Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 11 (1).
Arfin, Irwan. 2021. Kelompok Kerja & Komunikasi dalam Organisasi. Makalah,UIN Alauddin Makassar.
Firmansyah, Muhammad. 2016. Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi
Kantor Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Kampar. Skripsi, Universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Herliansyah. 2019. Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi UPT Perlindungan Konsumen dn Pengembangan Industrii Kecil dan Menengah Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Istiqomah, Septiana Nur. 2015. Pengaruh Emosi dan Kecerdasan Sosial Terhadap
Interaksi Sosial Siswa Program Akselerasi. Skripsi, Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim.
Khusnaini, Ainun. 2019. Analisis Proyeksi Kerja Mahasiswa Pendidikan Geografi
Kelas B Angkatan 2018. Majalah Pembelajaran Geografis. Vol 2 No 1.
Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan
bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education
and Literature. Vol. 3, No. 1.
Lathifah, Luluk. 2013. Optimalisasi Komunikasi Pimpinan dengan Bawahan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan: Studi pada PT Petrowidada, Gresik, Jawa Timur. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Raharti. 2019. “WhatsApp†Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Illmiah di Kawasan PUSPIPTEK). Visi Pustaka 21
(2).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banduang: Penerbit Alfabeta.