PENINGKATAN MUTU KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA THE NUMBER COLORING GAMES DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

  • sulistiyani sulistiyani STKIP Bina Insan Mandiri
  • Subaidah subaidah STKIP Bina Insan Mandiri
  • Wulan Trisnawaty STKIP Bina Insan Mandiri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pengajaran Bahasa inggris dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas I A di SDN Simomulyo VIII Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di dalam kelas melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil kemampuan berhitung anak meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas I A di SDN Simomulyo VIII Surabaya dengan 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan melalui 3 kali pertemuan. Hasil penelitian pada siklus pertama kemampuan berhitung siswa masih memperoleh persentase 39% dari 25 siswa. Hal ini dikarenakan jumlah media pengajaran Bahasa Inggris melalui warna yang disediakan guru tidak sesuai dengan jumlah siswa, siswa belum memahami aturan dan cara bermain dengan menggunakan the number coloring games dan guru kurang memberikan motivasi sehingga kemampuan berhitung anak belum terlihat dan perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi target yang diharapkan yaitu 80%. Hasil penelitian pada siklus kedua menunjukkan kemampuan berhitung siswa sudah meningkat menjadi 89% sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena sudah mencapai target yang diharapkan Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media the number coloring games dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelas I A di SDN Simomulyo VIII.

Published
2022-02-16
How to Cite
SULISTIYANI, sulistiyani; SUBAIDAH, Subaidah; TRISNAWATY, Wulan. PENINGKATAN MUTU KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA THE NUMBER COLORING GAMES DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 1-15, feb. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1532>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1532.