PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • irma noervadila STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 1 Mei sampai dengan 02 Juli 2020 dengan obyek penelitian yaitu siswa kelas VIII.B sebanyak 28 siswa. Desain penelitian ini adalah model skema Hopkins, dengan mengguanakan 4 fase yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. aktivitas belajar siswa sebelum tindakan pada saat pembelajaran dengan kriteria cukup aktif. Dari hasil analisis aktivitas siklus 1 diperoleh persentase 78,57% dan ulangan harian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 78,57% Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus I belum berhasil maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil pembelajaran di siklus II aktivitas siswa dalam belajar berada dalam kategori aktif dengan persentase 86,11, sedangkan analisis  ulangan harian  pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar  85,71 % dengan keberhasilan siswa pada ulangan harian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) telah berhasil dan telah dapat membawa siswa pada hasil belajar yang semakin meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat mempengaruhi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat terbukti dalam penerapan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII.B semester Ganjil di MTs Sarji Ar Rasyid Situbondo yang telah mencapai ketuntasan secara klasikal.

Published
2022-02-16
How to Cite
NOERVADILA, irma. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 250-265, feb. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1530>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1530.