KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDI TERPADU NURUL ANSHAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021 KABUPATEN SITUBONDO

  • aenor rofek universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mayoritas guru di SD Islam Terpadu Nurul Anshar dalam kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran matematika, kondisi ini sangat unik karena peneliti ingin mengetahui kompetensi pedagogik guru selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik dari fenomena alamiah maupun fenomena rekayasa manusia. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan tentang kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran matematika kelas V di SD Islam Terpadu Nurul Anshar pada masa pandemi covid-19 yaitu pada Kemampuan Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan guru kurang optimal dalam pembelajaran matematika yaitu kurangnya waktu dalam proses pemberian materi dan penggunakan media pembelajaran yang menarik karena pada pandemi seperti ini sekolah menerapkan pembelajaran dengan 2 sesi yaitu sesi pertama siswa dibagi menjadi 2 kelompok. pada mata pelajaran matematika harus memiliki banyak waktu dan tambahan pembelajaran agar hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Published
2022-02-16
How to Cite
ROFEK, aenor. KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDI TERPADU NURUL ANSHAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021 KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 322-329, feb. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1529>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1529.