PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN

  • iva rahmatillah STKIP PGRI Situbondo
  • arico Ayani Suparto STKIP PGRI Situbondo
  • irma noervadila STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Nurul Huda Kapongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Pre experimental design dengan suatu bentuk penelitian secara One group pretest posttest design. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kela XI TKJ SMK Nurul Huda Kapongan yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi nilai hasil mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan belajar yang menggunakan pretest dengan posttest. Data hasil belajar di terjemahkan dalam skor Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum atau sesudah menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. sedangkan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel T-test dengan uji regresi linier sederhana. Hasil dari uji paired sampel T-test diperoleh sebesar -3,503 dengan nilai signifikansi 0,001 < taraf signiikansi 0.05. Hasil uji regresi linier sederhana sebesar 14,2% hal ini menunjukkan bahwa problem based learning mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Published
2022-02-10
How to Cite
RAHMATILLAH, iva; SUPARTO, arico Ayani; NOERVADILA, irma. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 446-455, feb. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1520>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1520.