PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EACH ONE TEACH ONE DENGAN MEDIA PUZZLE MAGNET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-E

  • apit mardjiatno SMP Negeri 1 Situbondo

Abstract

Strategi pembelajaran Matematika yang ada, strategi pembelajaran Each One Teach One sangat potensial untuk diterapkan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran Each One Teach One dikembangkan dari pemikiran nilai-nilai demokrasi, belajar efektif, perilaku kerja sama dan menghargai keanekaragaman di masyarakat. Dalam pembelajaran, guru harus dapat menciptakan lingkungan belajar sebagai suatu sistem sosial yang memiliki proses demokrasi dan proses ilmiah. strategi pembelajaran Each One Teach One merupakan suatu strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa dengan siswa mampu menjelaskan jawabannya. Dengan adanya Strategi pembelajaran aktif Each One Teach One dengan Media puzzle magnet diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: penerapan strategi pembelajaran aktif each one teach one dengan media puzzle magnet dapat meningkatkan hasil belajar dari 69% siklus I menjadi 94% siklus II mata pelajaran matematika di kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Situbondo Semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2022-01-28
How to Cite
MARDJIATNO, apit. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EACH ONE TEACH ONE DENGAN MEDIA PUZZLE MAGNET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-E. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 412-427, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1497>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1497.