PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF SAME DIFFERENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA MATA PELAJARAN PKN

  • nurliyani nurliyani SMP Negeri 1 Situbondo

Abstract

Dalam proses belajar mengajar PKn di SMP Negeri 1 Situbondo, terutama kelas VIII-C selama ini yang telah dilaksanakan sebagian belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Contoh pada saat ulangan umum semester ganjil yang memenuhi KKM hanya 70%. Minat belajar siswa semakin menurun karena sibuk main HP terutama pada malam hari tidak ingat belajar lagi, sehingga pada waktu proses pembelajaran berlansung ada yang mengantuk kurang memperhatikan dan kurang konsentrasi. Dengan adanya Metode Penerapan pendekatan scientific berbasis pembelajaran aktif same different diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

Published
2022-01-28
How to Cite
NURLIYANI, nurliyani. PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF SAME DIFFERENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA MATA PELAJARAN PKN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 398-411, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1496>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1496.