PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TANGGAPAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK UNDERSTANDING EXPRESSION MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII-F SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • anisah nurhidayati SMP Negeri 1 Situbondo

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran umum yang sudah dikurikulumkan pada tingkatan SD, SMP, SMA sebagai mata pelajaran bertaraf Internasional. Dalam pelakasanaanya siswa diajarkan untuk memahami arti kata, membaca, dan mendengar. Akan tetapi pada proses pembelajaran siswa masih mengalamikesulitan dalam menguasai Bahasa Inggris dikarenakan keanekaragaman dalam tenses, grammar, vocabulary dan jenis kata. Namun, kesulitan dalam pembelajaran kosa kata kalimat dan pengucapannya Dengan adanya Strategi Pembelajaran aktif Tanggapan Aktif diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Desain penelitian menggunakan PTK. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dikemukakan di bab IV dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Penerapan Strategi Pembelajaran aktif Tanggapan Aktif materi pokok Understanding Expression Mata pelajaran Bahasa Inggris sangat efektif. 2). Penerapan Strategi Pembelajaran aktif Tanggapan Aktif dapat Meningkatkan Hasil Belajar mencapai 18% dari 76% siklus I meningkat menjadi 94% siklus II materi Understanding Expression Mata pelajaran Bahasa Inggris.

Published
2022-01-28
How to Cite
NURHIDAYATI, anisah. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TANGGAPAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK UNDERSTANDING EXPRESSION MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII-F SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 383-398, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1495>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1495.